FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 09-2020

    1089

    [DISINFORMASI] Jokowi Perintahkan TNI Awasi Warga karena Takut Dilengserkan

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Sebuah akun Instagram membagikan gambar tangkapan layar dari artikel berita berjudul “Jokowi Perintahkan Panglima TNI dan Kapolri Awasi Warga, Ada Apa?”. Gambar tersebut tampak digabungkan dengan foto Presiden Jokowi dan diberi narasi yang mengaitkan perintah Jokowi mengawasi warga karena takut dilengserkan akibat kasus korupsi dan pelanggaran HAM. 

    Faktanya, klaim yang mengaitkan perintah Jokowi kepada Panglima TNI untuk mengawasi warga karena takut dilengserkan adalah keliru.  Dilansir dari Tribunnews.com, Presiden Jokowi memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk mengawasi warga adalah terkait dengan pelaksanaan protokol Covid-19. Perintah tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dalam instruksi tersebut, Jokowi memerintah kepada Panglima TNI untuk mendukung kepala daerah dengan mengerahkan kekuatan TNI untuk melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://kupang.tribunnews.com/2020/09/05/instruksi-presiden-jokowi-kepada-panglima-tni-dan-kapolri-terkait-covid-19-untuk-awasi-warga

    Berita Terkait

    [HOAKS] Cina Akan Pindahkan Warga ke Indonesia sebagai Gaya Baru Penjajahan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi Perintahkan Menangkap Pendemo Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Pengusiran Warga Negara Cina di Kota Pekanbaru

    Selengkapnya

    [HOAKS] Demo Penolakan Hasil Pemilu 2024 Dipimpin oleh Anies Baswedan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA