FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 09-2020

    4009

    [HOAKS] Pabrik Mobil Esemka di China

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan klaim yang mempertanyakan perihal mobil Esemka asli buatan Indonesia atau build up dari China. Dalam unggahan nya tersebut terdapat narasi “Lagi pada bangga mobil esemka keluar... Pertanyaan nya itu asli buatan Indonesia atau build up dari China? Kalau build up dri China bangganya dimana? Pabrik di China...Semua yg di pakai 89% mungkin komponen China. China yg dapet orderan...Mendapatkan hasil.... Membuka lapangan kerja di China dengan banjir orderan. Trus yg beli yg masyarakat Indonesia...Bangganya dimana? Bangganya bisa ngeklaim hasil orang lain atau nerusin hasil orang lain Trus dibilang milik sendirii. Tapi gk mau ngeklaim hutang buat diri sendiri dan kelompok malah dibilang atas nama rakyat”. 

    Faktanya, klaim yang mengatakan pabrik mobil Esemka berada di China adalah salah. Nyatanya, pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi berlokasi di Kawasan desa Demangan, Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019. Begitu juga klaim yang mengatakan 89 % komponen yang digunakan dalam pembuatan mobil Esemka berasal dari China adalah salah. PT Solo Manufaktur Kreasi sudah mengumumkan daftar 26 perusahaan lokal yang menjadi pemasok komponen mobil Esemka Bima. 

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/07/122742815/menilik-isi-pabrik-esemka-di-boyolali

    https://katadata.co.id/safrezifitra/indepth/5e9a4e6e28147/menjawab-tudingan-esemka-mobil-tiongkok   

    https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190910145035-384-429124/diduga-mobil-china-berikut-daftar-pemasok-komponen-esemka

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bank Indonesia Resmi Keluarkan Uang Rp1.0

    Selengkapnya

    [HOAKS] Prabowo Bagikan Bantuan Puluhan Juta Rupiah untuk Lansia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kuis Tebak Angka Berhadiah Toyota Hilux

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA