FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 08-2020

    417

    Penyetaraan Jabatan Ubah Struktur Lebih Pendek dan Produktif

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo -  Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail menyatakan latar belakang dan tujuan perubahan dari struktural menjadi fungsional adalah memutus rantai birokrasi, mengubah dari pola struktural dan kewenangan menjadi pola kompetensi, meningkatkan wawasan, dan mengubah cara kerja.

    “Kita mengubah dari struktur yang panjang, bertingkat-tingkat, menjadi pendek dan diharapkan proses pengambilan keputusan lebih cepat, lebih produktif, berorientasi pada output. Tidak berbeli-belit lagi, karena proses dilakukan dengan tingkatan yang lebih sederhana,” ujarnya dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Penyetaraan Jabatan Administrasi menjadi Jabatan Fungsional di lingkungan Ditjen SDPPI, di Jakarta, Kamis (27/08/2020).

    Menurut Dirjen SDPPI pelantikan ini merupakan Program Nasional yang digagas dan diluncurkan oleh Presiden, lalu ditindaklanjuti seluruh kementerian dan lembaga. “Jadi ini bukan semata-mata hanya program dari Kominfo saja,” tegasnya.

    Dirjen Ismail mengharapkan agar pejabat yang dilantik lebih kompeten. Menurutnya, pejabat fungsional memiliki skill dan kompetensi, tidak lagi berbasis kewenangan seperti jabatan struktural. 

    "Itu merupakan tuntutan berat untuk berubah dari pola struktural dan kewenangan menjadi kompetensi. ASN dituntut memiliki kompeten, karena pejabat fungsional harus memiliki skill dan kompetensi," ungkapnya.

    Oleh karena itu, Dirjen SDPPI berharap Pejabat Fungsional dapat menyiapkan kompetensinya terus berkembang dan berkelanjutan. Tidak ada orang yang kompetensinya sempurna, karena ia sifatnya longlife achievement yang dibangun secara terus-menerus. “Kalau dalam bahasa agama itu mencari ilmu dari semenjak lahir sampai ke liang lahat,” katanya.

    Dalam kesempatan itu, Dirjen Ismail mengingatkan jajarannya untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19 dalam menjalankan tugas, mencakup tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jaga jarak.

    Dari 41 orang, hanya dua yang hadir secara langsung di Lantai 13 Kantor Pusat. Selebihnya menjalani prosesi pelantikan secara virtual. Turut hadir pada acara pelantikan, Sesditjen SDPPI R Susanto, Direktur Penataan Sumber Daya Denny Setiawan, serta sejumlah staf.

    Berita Terkait

    Menteri Johnny: Kolaborasi Hadirkan Infrastruktur Aktif dan Utilisasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunik Selengkapnya

    UU Ciptaker Jadi Landasan Kuat Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

    Regulasi merupakan komponen penting dalam membangun infrastruktur, karena memberikan kepastian hukum jangka panjang bagi investasi Pos, Tele Selengkapnya

    Perjelas Penafsiran, Pemerintah Dorong Penegak Hukum Lebih Selektif

    Penjelasan atas Undang-Undang No 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elek Selengkapnya

    Perpanjangan Kuota Internet Peserta Didik, Awas Hoaks!

    Di media sosial Facebook beredar konten unggahan mengenai cara mendapatkan perpanjangan kuota internet peserta didik hingga April 2021. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA