FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 08-2020

    1105

    Penyetaraan Jabatan Ubah Struktur Lebih Pendek dan Produktif

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo -  Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail menyatakan latar belakang dan tujuan perubahan dari struktural menjadi fungsional adalah memutus rantai birokrasi, mengubah dari pola struktural dan kewenangan menjadi pola kompetensi, meningkatkan wawasan, dan mengubah cara kerja.

    “Kita mengubah dari struktur yang panjang, bertingkat-tingkat, menjadi pendek dan diharapkan proses pengambilan keputusan lebih cepat, lebih produktif, berorientasi pada output. Tidak berbeli-belit lagi, karena proses dilakukan dengan tingkatan yang lebih sederhana,” ujarnya dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Penyetaraan Jabatan Administrasi menjadi Jabatan Fungsional di lingkungan Ditjen SDPPI, di Jakarta, Kamis (27/08/2020).

    Menurut Dirjen SDPPI pelantikan ini merupakan Program Nasional yang digagas dan diluncurkan oleh Presiden, lalu ditindaklanjuti seluruh kementerian dan lembaga. “Jadi ini bukan semata-mata hanya program dari Kominfo saja,” tegasnya.

    Dirjen Ismail mengharapkan agar pejabat yang dilantik lebih kompeten. Menurutnya, pejabat fungsional memiliki skill dan kompetensi, tidak lagi berbasis kewenangan seperti jabatan struktural. 

    "Itu merupakan tuntutan berat untuk berubah dari pola struktural dan kewenangan menjadi kompetensi. ASN dituntut memiliki kompeten, karena pejabat fungsional harus memiliki skill dan kompetensi," ungkapnya.

    Oleh karena itu, Dirjen SDPPI berharap Pejabat Fungsional dapat menyiapkan kompetensinya terus berkembang dan berkelanjutan. Tidak ada orang yang kompetensinya sempurna, karena ia sifatnya longlife achievement yang dibangun secara terus-menerus. “Kalau dalam bahasa agama itu mencari ilmu dari semenjak lahir sampai ke liang lahat,” katanya.

    Dalam kesempatan itu, Dirjen Ismail mengingatkan jajarannya untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19 dalam menjalankan tugas, mencakup tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jaga jarak.

    Dari 41 orang, hanya dua yang hadir secara langsung di Lantai 13 Kantor Pusat. Selebihnya menjalani prosesi pelantikan secara virtual. Turut hadir pada acara pelantikan, Sesditjen SDPPI R Susanto, Direktur Penataan Sumber Daya Denny Setiawan, serta sejumlah staf.

    Berita Terkait

    Situasi Politik dan Keamanan saat Pemilu 2024 Akan Lebih Kondusif

    Lebih baik dari Pemilu 2019 katrena tidak banyak muncul kampanye yang mengusung politik identitas. Selengkapnya

    Jelang ASO Masyarakat Sulawesi Selatan Siap Beralih ke Siaran Digital

    Kesiapan itu terungkap melalui jejak pendapat secara periodik yang dilakukan Kementerian Kominfo, pada Juli 2022. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Rapat Pemantauan Pembangunan Infrastruktur Tahap 1 dan Strategi Komunikasi IKN

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghadiri Rapat Pembukaan Pemantauan Pembangunan Infrastruktur Tahap 1 dan Strategi Komu Selengkapnya

    Menteri Johnny Akan Pimpin Pemakaman Mantan Menteri Penerangan Harmoko

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara dalam pemakaman jenazah Mantan Menteri Penerangan H Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA