FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 08-2020

    1439

    [DISINFORMASI] Puluhan Orang India Berjoget Merayakan Mendagri India Positif Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar sebuah video yang menampilkan puluhan orang berada dijalanan dan diunggah dengan narasi berbahasa Hindi yang artinya “Lihatlah mentalitas orang-orang ini pada prosesi pemakaman untuk merayakan berita Amit Shahji dinyatakan positif terkena virus corona. Seseorang memberi tahu mereka bahwa singa itu sekarang telah pulih, dan mereka pasti harus menunjukkan surat-surat itu sekarang.” 

    Faktanya, klaim yang menerangkan video tersebut adalah bentuk perayaan Menteri Dalam Negeri India Amit Shahji dinyatakan positif terkena Virus Corona adalah tidak benar. Penelusuran Liputan6.com menemukan fakta bahwa video tersebut telah lama beredar tepatnya pada Desember 2019. Video tersebut merupakan momen sebuah aksi massa yang memprotes Undang-Undang Amandemen kewarganegaraan baru yang memberikan kewarganegaraan kepada imigran non-Muslim dari Afghanistan, Bangladesh, dan Pakistan pada Desember 2019.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4336764/cek-fakta-tidak-benar-pria-di-video-ini-joget-setelah-mendagri-terpapar-virus-corona

    Berita Terkait

    [HOAKS] HIV Menjadi Pandemi Berikutnya Menggantikan Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Pendaftaran Undian Berhadiah Mengatasnamakan BNI

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Izin Program Undian Berhadiah Mengatasnamakan Kementerian Sosial

    Selengkapnya

    [HOAKS] Sri Mulyani Sebut Indonesia akan Bangkrut jika Prabowo Presiden

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA