FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 08-2020

    238

    Apresiasi Langkah dan Dukungan MPR, DPR, dan DPD dalam Penanganan Krisis

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPR Puan Maharani meninggalkan ruang sidang paripurna seusai menghadiri sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Tujuan besar berbangsa Indonesia hanya bisa dicapai melalui kerja sama seluruh komponen bangsa dengan gotong royong, saling membantu, dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan tujuan yang mulia. Meski demokrasi menjamin kebebasan, namun kebebasan tersebut harus merupakan kebebasan yang menghargai hak orang lain.

    Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (14/08/2020).

    “Kita beruntung bahwa mayoritas rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, menjunjung tinggi kebersamaan dan persatuan, penuh toleransi dan saling peduli, sehingga masa-masa sulit sekarang ini bisa kita lalui dan tangani secara baik,” kata Presiden.

    Pada kesempatan tersebut, Presiden memberikan apresiasinya atas dukungan dan kerja cepat dari pimpinan dan anggota lembaga-lembaga negara yang melakukan langkah-langkah luar biasa dalam mendukung penanganan krisis dan menjadikan momentum krisis untuk menjalankan strategi-strategi besar bangsa.

    “MPR dengan cepat membuat payung program baru ‘MPR Peduli Covid-19’ serta terus melakukan sosialisasi dan aktualisasi Pancasila serta pengkajian sistem ketatanegaraan dan konstitusi kita,” ungkapnya.

    Sementara itu, DPR dengan sangat responsif langsung membahas, menyetujui, dan mengesahkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 menjadi Undang-Undang untuk memberikan payung hukum dalam mengatasi krisis kesehatan dan perekonomian.

    “Agenda-agenda legislasi yang lain juga tetap berjalan efektif antara lain Pembahasan RUU Pertambangan Mineral dan Batu Bara dan RUU Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19,” jelasnya.

    Kepala Negara juga mengapresiasi respons cepat yang dilakukan oleh DPD terhadap permasalahan mendesak yang dihadapi oleh daerah. Beberapa persoalan tersebut antara lain, pemberdayaan ekonomi rakyat melalui BUMDes, peningkatan daya saing daerah, dan dukungan penerapan protokol kesehatan dengan menyiapkan sembilan RUU usul inisiatif DPD dan beberapa agenda lain sesuai bidang tugas DPD.

    Berita Terkait

    Presiden: Realisasi Program Perlindungan Sosial Telah Berjalan dengan Baik

    Sejumlah program dengan alokasi dana sebesar Rp203,9 triliun dikeluarkan pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat ter Selengkapnya

    Kalkulasikan dengan Matang Pengembangan Lumbung Pangan Baru

    Pemerintah tengah menyiapkan lumbung pangan baru yang saat ini dikembangkan di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Selengkapnya

    Dorong PBB Perkuat Kerja Sama dalam Penanganan Covid-19

    Seluruh pihak harus bekerja sama dan memastikan bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan terjangkau. Selengkapnya

    Mendagri: Kerumunan Massa dalam Tahapan Pilkada Harus Dibatasi

    Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, menegaskan kerumunan yang melibatkan massa banyak di setiap tahapan pemilihan kepala daerah (P Selengkapnya