FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 08-2020

    1853

    [DISINFORMASI] Video Hantaman Rudal Israel dalam Ledakan di Beirut

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar sebuah video yang memperlihatkan hantaman rudal di sebuah wilayah yang telah terbakar dan mengepulkan asap yang tebal. Video tersebut diklaim merupakan video hantaman rudal Israel dalam ledakan di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020. Video itu diketahui  telah beredar luas di media sosial Facebook dengan narasi, "Berdasar Rekaman Video Infrared ternyata Ledakan di Lebanon karena Dihantam Rudal Israel. Untuk menyamarkan maka lebih dulu diledakkan oleh para penyusup, lalu dihancurkan lagi pake rudal. Ingat, minimal ada dua ledakan besar. Breaking News! NAMPAK REKAMAN KAMERA INFRARED MENUNJUKKAN ADANYA SERANGAN RUDAL DARI LANGIT, DIDUGA PELAKU NYA ADALAH ISR43L." 

    Berdasarkan penelusuran, video yang diklaim sebagai hantaman rudal Israel dalam ledakan di Beirut, Lebanon tersebut adalah keliru. Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan. Video tersebut merupakan potongan dari rekaman milik Youssef Kawtharani yang menyebut dirinya sebagai sukarelawan di palang merah Lebanon. Peristiwa pada video aslinya diambil di Rue Chafaka, setengah mil dari lokasi ledakan yang dikonfirmasi oleh Google Street View.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/947/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-video-hantaman-rudal-israel-dalam-ledakan-di-beirut

    https://turnbackhoax.id/2020/08/13/salah-berdasar-rekaman-video-infrared-ternyata-ledakan-di-libanon-karena-dihantam-rudal-israel/

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Pengusiran Warga Negara Cina di Kota Pekanbaru

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menara 5G Pancarkan Radiasi yang Membahayakan Manusia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi akan Berikan Bantuan Sosial Tunai Senilai Rp50 Juta dalam Rangka Pensiun sebagai Presiden

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bantuan untuk Gaza Dibuang di Mesir

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA