FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 08-2020

    283

    [DISINFORMASI] Video Hantaman Rudal Israel dalam Ledakan di Beirut

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar sebuah video yang memperlihatkan hantaman rudal di sebuah wilayah yang telah terbakar dan mengepulkan asap yang tebal. Video tersebut diklaim merupakan video hantaman rudal Israel dalam ledakan di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020. Video itu diketahui  telah beredar luas di media sosial Facebook dengan narasi, "Berdasar Rekaman Video Infrared ternyata Ledakan di Lebanon karena Dihantam Rudal Israel. Untuk menyamarkan maka lebih dulu diledakkan oleh para penyusup, lalu dihancurkan lagi pake rudal. Ingat, minimal ada dua ledakan besar. Breaking News! NAMPAK REKAMAN KAMERA INFRARED MENUNJUKKAN ADANYA SERANGAN RUDAL DARI LANGIT, DIDUGA PELAKU NYA ADALAH ISR43L." 

    Berdasarkan penelusuran, video yang diklaim sebagai hantaman rudal Israel dalam ledakan di Beirut, Lebanon tersebut adalah keliru. Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan. Video tersebut merupakan potongan dari rekaman milik Youssef Kawtharani yang menyebut dirinya sebagai sukarelawan di palang merah Lebanon. Peristiwa pada video aslinya diambil di Rue Chafaka, setengah mil dari lokasi ledakan yang dikonfirmasi oleh Google Street View.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/947/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-video-hantaman-rudal-israel-dalam-ledakan-di-beirut

    https://turnbackhoax.id/2020/08/13/salah-berdasar-rekaman-video-infrared-ternyata-ledakan-di-libanon-karena-dihantam-rudal-israel/

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Foto Seorang Ayah Melarang Anak Berhijab

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] 15 Juta Pekerja Terancam Batal Terima Subsidi Gaji Rp600 Ribu

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Banjir di Cicurug Sukabumi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kemenag Resmi Luncurkan Sertifikasi Da’i

    Selengkapnya