FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 08-2020

    2888

    [HOAKS] Logo HUT ke-75 RI Memuat Lambang Salib

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan di sosial media Twitter dengan narasi yang mengklaim logo HUT ke-75 RI menyerupai lambang Salib. Berikut narasi unggahan tersebut; "KEPADA YTH. MENTERI SEKRETARIS NEGARA REPUBLIK INDONESIA Berkaitan dengan pemasangan Logo HUT ke-75 RI dengan menempatkan tanda Salib di dalamnya. Setneg pun sudah dikuasai sampai logopun sudah mereka yang atur. Beginikah cara memecah belah?” 

    Menanggapi tudingan tersebut, Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menjelaskan bagian dari desain logo HUT ke-75 RI yang disebut menyerupai simbol Salib adalah supergraphic. Dikutip dari Cnnindonesia.com supergraphic terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin juga mengklarifikasi narasi yg menyebutkan Pemerintah memuat logo Salib dalam logo Kemerdekaan RI 2020. Ia menerangkan logo tersebut berisi semangat untuk mendorong nilai- nilai Pancasila, di antaranya Semangat Kebhinekaan, Semangat Kebersamaan, Semangat Persatuan dalam usia Negara yang ke 75 tahun. Ia juga menegaskan Pemerintah tidak memuat lambang Salib dalam logo Kemerdekaan RI. Ia meminta masyarakat agar tidak berspekulasi soal logo Kemerdekaan RI tersebut.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter :

    https://www.antaranews.com/berita/1660914/cek-fakta-logo-hut-ke-75-ri-memuat-lambang-salib

    https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200811114759-20-534423/mengenal-desain-logo-hut-ri-ke-75-yang-dianggap-mirip-salib

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pengajuan Pinjaman Online BNI Melalui TikTok

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Erupsi Gunung Merapi pada 18 April

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bank Indonesia Resmi Keluarkan Uang Rp1.0

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA