FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 08-2020

    307

    [DISINFORMASI] Turki yang Pertama Kirim Bantuan ke Beirut Meski Sempat Dihina Presiden Lebanon

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah tangkapan layar di media sosial Facebook berisi klaim bahwa Turki adalah negara pertama yang mengirim bantuan ke Beirut meskipun sempat dihina oleh Presiden Lebanon Michel Aoun. Klaim ini beredar pasca terjadinya ledakan di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020.

    Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa Turki adalah negara pertama yang mengirim bantuan ke Beirut meskipun sempat dihina oleh Presiden Lebanon Michel Aoun adalah keliru. Faktanya, Turki memang mengirim bantuan ke Lebanon pada 5 Agustus 2020 setelah terjadinya ledakan di Beirut, ibukota Lebanon pada 4 Agustus 2020. Namun pada hari yang sama sejumlah negara lain, seperti Yunani, Kuwait, Qatar, Prancis, Rusia, dan Inggris juga telah mengirimkan bantuan ke Lebanon. Selain itu, tidak ditemukan pemberitaan bahwa Presiden Lebanon Michel Aoun telah menghina Turki maupun Presiden Recep Tayyip Erdogan. Justru ditemukan pemberitaan bahwa penghinaan tersebut dilontarkan oleh seorang pembawa acara televisi Lebanon. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/940/fakta-atau-hoaks-benarkah-turki-yang-pertama-kirim-bantuan-ke-beirut-meski-sempat-dihina-presiden-lebanon

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Foto Anies Baswedan Masuk Peti Mati

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pasangan Pengantin Baru Menikah Setelah 40 Tahun Pacaran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Anies Juara Pertama Lomba Ngomong Tingkat Internasional

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ikan Hiu Tersangkut di Tiang Listrik karena Badai Laura

    Selengkapnya