FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 08-2020

    2589

    [DISINFORMASI] Foto “Penipuan para medis, termasuk alat tes suhu di kening, itu alat sinar leser tes suhu kabel demi proyek covit”

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di sosial media sebuah gambar tangkapan layar dari sebuah artikel dengan judul "Oknum Staf Rumah Sakit Ditangkap Karena Palsukan Hasil Tes Covid-19”. Hasil tangkapan layar tersebut juga disertai dengan narasi, “Penipuan para medis.. Hati-hati.. Termasuk alat tes suhu di kening, itu alat sinar leser tes suhu kabel.. Demi proyek covit mereka rela mengorbankan rakyat Indonesia..”.

    Setelah ditelusuri, klaim foto seseorang dengan tangan diborgol dan ditutupi jas putih yang didampingi petugas kepolisian di sebuah artikel berjudul “Oknum Staf Rumah Sakit Ditangkap Karena Palsukan Hasil Tes Covid-19” adalah klaim yang menyesatkan. Faktanya, foto yang dipakai tidak terkait dengan Covid-19 karena foto itu adalah foto tahun 2017 terkait kasus penipuan oleh dokter palsu. Selain itu, penggunaan Thermal Gun untuk tes suhu di kening dipastikan aman karena tidak menggunakan sinar laser dan tidak menggunakan sinar radioaktif semacam x-ray. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://regional.kompas.com/read/2017/11/02/17193501/janjikan-pekerjaan-perawat-seorang-dokter-gadungan-ditangkap

    https://turnbackhoax.id/2020/07/30/salah-foto-penipuan-para-medis-termasuk-alat-tes-suhu-di-kening-itu-alat-sinar-leser-tes-suhu-kabel-demi-proyek-covit/

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Penampakan Makhluk Aneh di Hutan Kalimantan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pesan Berantai Berisi Nama-nama Pj. Kepala Daerah di Kalteng

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Penelitian Terbaru Vaksin Booster Hanya Meningkatkan Risiko Penularan Covid-19

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Menepuk Telapak Tangan dengan Sendok Dapat Menghilangkan Kesemutan dan Strok

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA