FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 07-2020

    119

    [HOAKS] Tes PCR Tidak Bisa Bedakan Terpapar dan Terinfeksi Virus serta Bedakan Virus Hidup dan Virus Mati

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar pada platform media sosial sebuah narasi yang menyebutkan bahwa tes PCR tidak bisa membedakan terpapar dengan terinfeksi oleh virus, tidak bisa juga membedakan sehat atau sakit, serta membedakan virus hidup dengan virus mati.

    Faktanya, klaim pada narasi tersebut adalah salah dan cenderung menyesatkan. Pada Cek Fakta Tempo.co Sekretaris Jenderal Akademi Ilmuwan Muda Indonesia, Berry Juliandi menyampaikan bahwa tes PCR bisa membedakan terpapar dengan terinfeksi virus sepanjang sampel yang diambil adalah sampel virus aktif yang berada di dalam sel, bukan sampel yang berada di permukaan sel atau jaringan. Sehingga yang diisolasi saat pengambilan sampel sel adalah RNA virus aktif yang sudah menginfeksi sel, ditambahkan oleh Guru Besar Universitas Airlangga sekaligus Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin Profesor Nidom Foundation (PNF), Chairul Anwar Nidom menyebutkan tes PCR merupakan metode untuk melihat apakah dalam tubuh seseorang terdapat gejala virus atau bakteri, baik secara utuh maupun potongan atau inaktif. 

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/921/fakta-atau-hoaks-benarkah-tes-pcr-tak-bisa-bedakan-terpapar-dan-terinfeksi-serta-virus-hidup-dan-virus-mati

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/06/191538265/viral-benarkah-informasi-tes-pcr-tak-bisa-deteksi-virus-corona


    Berita Terkait

    [HOAKS] Adidas Bagi-Bagi Sepatu, T-Shirt dan Masker Gratis

    Selengkapnya

    [HOAKS] Energi Listrik Bisa Didapatkan dari Bawang Merah dan Koin

    Selengkapnya

    [HOAKS] Potret Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Anies Baswedan Memakai Kebaya dan Sanggul

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Foto Bayi yang Meninggal Setelah Terinfeksi Virus Corona

    Selengkapnya