FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 07-2020

    2649

    Kemenkominfo Latih UMKM dan Desa Wisata Maksimalkan Internet

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Yogyakarta - Kemenkominfo melatih UMKM dan desa wisata. Untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, produktivitas masyarakat memang harus tingkatkan.

    Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo RI memberi pelatihan dan pendampingan untuk 17 Desa Wisata dan UMKM di DIY, Jateng dan Jatim. Hal itu untuk meningkatkan produktivitas di tengah pandemi COVID-19 dengan memaksimalkan internet.

    Plt Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Kemenkominfo RI, Marvels Situmorang mengatakan, bahwa sejak tahun 2018 hingga tahun kemarin pihaknya menyasar sektor UMKM dan pariwisata untuk mengembangkan pita lebar. Mengingat masih ada gap atau jarak untuk memaksimalkan digitalisasi di 2 sektor tersebut.

    "Kita ketahui juga sebenarnya ada gap antara ketersediaan infrastruktur dengan ulitisasi. Gap ini kita ternyata karena pelaku usaha selain di satu sisi belum tersedia infrastruktur, kedua yang paling utama infrastruktur tersedia tapi belum ter-utilisasi," katanya saat berbincang dengan detikcom melalui teleconference, Kamis 16 Juli 2020 kemarin.

    Padahal dengan perkembangan era digitalisasi saat ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas di tengah pandemi COVID-19. Terlebih, apabila mampu memaksimalkan internet mereka mampu menggerakkan bahkan meningkatkan perekonomian.

    "Karena itu pelatihan ini bagian dari dukungan kita ketika ada infrastuktur maka pelaku usaha bisa mendapat pelatihan TIK untuk mengembangkan usahanya dengan tujuan akhir mengembangkan perekonomian masyarakat," ucap Marvels.

    Dia melanjutkan, pelatihan ini diikuti 200 orang dari 17 tempat di DIY, Jateng dan Jatim. Untuk di DIY sendiri antara lain seperti Nglanggeran, Tembi dan Pucung.

    Dalam program ini, Kemenkominfo memberikan pelatihan pendampingan meliputi produksi konten digital, mengelolanya, memahami pasar di internet dan melakukan transaksi penjualan serta memonitornya. Mengingat peserta pelatihan telah memiliki internet dam diharapkan dengan hal tersebut mampu meningkatkan produktivitas.

    "Untuk pelatihan ke UMKM tujuannya agar mereka bisa meningkatkan daya jual dengan memanfaatkan digitalisasi, seperti branding gitu. Untuk desa wisata tujuannya agar kunjungan wisata meningkat," katanya.

     

    Sumber: detik.com
    Pewarta: Pradito Rida Pertana

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA