FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 07-2020

    3894

    Tiga Program Kominfo Dukung UMKM, Salah Satunya Pelatihan Digital untuk Petani

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Salah satunya, Kominfo akan fokus pada pelatihan kemampuan berbahasa Inggris dan pemasaran digital untuk UMKM di destinasi superprioritas | ANTARA/Arindra Meodia

    AKURAT.CO Badai pandemi corona tak kunjung usai. Perekonomian Indonesia pun kini berada di ujung tanduk. Untuk mengahadapi himpitan ekonomi yang makin ketat, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan tiga program pelatihan untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah serta ultra mikro (UMKM/UMi). Nantinya, ketiga program itu menjadi  stimulus dalam menghadapi pandemi virus corona.
    Bentuk pelatihan yang diberikan tentu akan sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dibuat untuk mendorong masyarakat dalam membeli produk buatan UMKM lokal.
    "Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini juga mengupayakan stimulus dalam bentuk pelatihan dan pendampingan terutama dalam penyesuaian bisnis ke ruang digital atau digital on boarding," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat konferensi pers peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Kamis (16/07/2020).
    Kominfo akan mengadakan program pelatihan pertama berupa pelatihan Kewirausahaan Digital yang merupakan bagian dari beasiswa Digital Talent Scholarship. Kominfo kini telah membuka kuota hingga 22.500 peserta dalam pelatihan Kewirausahaan Digital yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Digital Talent Scholarship ditargetkan bisa menjangkau 50.000 peserta. Selama pandemi, pelatihan tersebut dilakukan dari jarak jauh secara dalam jaringan ataupun online.
    Program kedua Kominfo berupa Scaling-Up UMKM/UMi. Yaitu; pelatihan digital untuk petani dan nelayan untuk pengembangan dan pendampingan usaha di kedua sektor tersebut. Gerakan ini sudah ada sejak 2017 melalui Gerakan UMKM Jualan Online dan akan ditingkatkan seiring dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.
    Ketiga, Kominfo akan fokus pada pelatihan kemampuan berbahasa Inggris dan pemasaran digital untuk UMKM dan ultra mikro, serta pelaku desa wisata di destinasi wisata superprioritas.
    Ketiga program tersebut ditargetkan bisa melatih 2.000 peserta dengan masa pelatihan tujuh bulan. Pelatihan yang sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia itu mengambil tema #KitaBelaKitaBeli.
    Ke depan, tiga program Kominfo tersebut mampu mendorong pertumbuhan UMKM dan ultra mikro saat krisis dan juga mengajak masyarakat untuk menggunakan produk lokal. Keberhasilan gerakan ini, menurut Kominfo, perlu merlibatkan kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, penyelenggara platform dagang online dan juga masyarakat.
    Reporter: Andre Purwanto
    Sumber: akurat.co

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA