FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 07-2020

    1203

    Dorong UMKM Bangkit, Kemenkominfo Luncurkan Gernas BBI

    Kategori Sorotan Media | Viska
    - (Bernadinus Adi Pramudita)

    WE Online, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kemenkominfo) meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema #KitaBelaKitaBeli. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menyatakan bahwa Gernas BBI merupakan titik penting bagi kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ultra Mikro (UMKM/UMi).

    "Gernas BBI hadir untuk mendorong transformasi digital UMKM/UMi di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) melalui pemberian stimulus maupun fasilitasi UMKM dan Ultra Mikro," jelasnya dalam Konferensi Pers Virtual Gernas BBI #KitaBelaKitaBeli dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Kamis (16/7/2020). 

    Menurut Johnny, Gernas BBI hadir untuk meningkatkan kesadaran konsumen Indonesia guna makin memanfaatkan teknologi dan membeli produk UMKM/UMi dalam negeri. Mulai tanggal 16 Juli s.d. 31 Juli 2020, Kemenkominfo mengoordinasikan kegiatan BBI  dengan tema "Kita Bela Kita Beli". Acara ini berlangsung dua mingguan dan dilaksanakan oleh masing-masing kementerian dan lembaga dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi sebagai pengarah.

    "Selama masa pandemi ini, UMKM/UMi mengalami tantangan dan juga harus melakukan berbagai penyesuaian, termasuk peralihan aktivitas usaha ke ruang-ruang digital," tuturnya.

    Menkominfo menegaskan kembali potensi UMKM/UMi di Indonesia yang sangat besar. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat 64 juta UMKM/UMi di Indonesia yang berkontribusi hingga 60% pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional.

    "Sektor UMKM/UMi adalah soko guru perekonomian negara kita," katanya.

    Menkominfo menyebutkan, total anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp607,65 triliun dengan alokasi sebesar Rp123,46 triliun bagi UMKM/UMi.

    "Jumlah ini diharapkan dapat membantu UMKM/UMi di masa pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan juga memberikan insentif pajak dengan pembebasan pembayaran PPh final 0,5% kepada para pelaku UMKM/UMi untuk masa pajak April sampai dengan September 2020 selama pandemi Covid-19," paparnya.

    Di samping pemberian stimulus finansial, Gernas BBI #KitaBelaKitaBeli juga mengupayakan stimulus dalam bentuk pelatihan ataupun pendampingan.

    "Terutama untuk fasilitasi penyesuaian peralihan aktivitas bisnis UMKM/UMi ke ruang-ruang digital atau yang disebut sebagai digital onboarding. Aspek ini harus dimaksimalkan, mengingat dari 64 juta UMKM/UMi di Indonesia, baru sekitar 9,4 juta atau 14,6% UMKM/UMi yang sudah go-online," jelas Menteri Johnny.

    Reporter: Bernadinus Adi Pramudita
    Sumber: wartaekonomi.co.id

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    Mengenal "KIM", Mitra Kominfo Sosialisasikan Pemilihan Serentak 2020

    Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah agenda politik nasional Pemilihan Serentak 2020 adalah aspek sosialisasi untuk membuka cakra Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA