FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 07-2020

    1505

    [DISINFORMASI] Insentif Bagi Tenaga Medis Cuma Bacot

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa pemerintah tidak mencairkan insentif bagi tenaga medis saat pandemi Covid-19. Dalam unggahannya memperlihatkan foto Presiden Jokowi dengan kutipan narasi “Akan diberikan insentif bulanan kepada tenaga medis. Dokter spesialis akan diberikan Rp 15 juta, dokter umum dan dokter gigi Rp 10 juta, bidan dan perawat Rp 7,5 juta dan tenaga medis lainnya Rp 5 juta. Kemudian juga akan diberikan santunan kematian Rp 300 juta” dan menyandingkan foto tersebut dengan foto 6 perawat yang tengah memegang kertas bertuliskan “BACOT!”.

    Faktanya, klaim Pemerintah yang tidak mencairkan dana insentif bagi tenaga medis saat pandemi Covid-19 tidaklah benar. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah membayarkan Rp 645 miliar untuk insentif tenaga medis per 24 Juli 2020. Sedangkan foto 6 perawat yang memegang kertas bertuliskan “BACOT!” adalah hasil suntingan dari foto asli yang dimuat di artikel berjudul "Perawat Gaungkan Social Distancing: Tetap di Rumah dan Tolong Bantu Kami" dalam situs suara.com pada 19 Maret 2020.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4317498/cek-fakta-tidak-benar-foto-insentif-bagi-tenaga-medis-cuma-bacot

    https://www.suara.com/news/2020/03/19/123706/perawat-gaungkan-social-distancing-tetap-di-rumah-dan-tolong-bantu-kami?page=all

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Tentara Cina Mendarat di Kota Manado

    Selengkapnya

    [HOAKS] Garis Horizontal di Batang Hidung Merupakan Tanda Lemah Jantung

    Selengkapnya

    [HOAKS] BNI Bagikan Hadiah di Bulan Ramadan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kapal Blue Lagoon Tenggelam di Padangbai Bali

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA