FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 07-2020

    257

    [DISINFORMASI] “Para TKA Cina itu Akhirnya Akan Bisa Membuat Dokumen Apapun dari Barak, Mess atau Apartemennya”

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Sebuah akun Facebook mengunggah gambar hasil tangkapan layar artikel berjudul “Tak Perlu Antre, Warga Bisa Cetak KK Hingga Akta Kelahiran Sendiri di Rumah” dengan disertai unggahan narasi  “Inilah yang paling mengerikan !!! Para TKA cina itu akhirnya akan bisa membuat dokumen apapun dari barak, mess atau apartemennya” 

    Setelah ditelusuri, informasi yang terdapat dalam artikel asli yang dilansir dari News.detik.com tersebut sama sekali tidak menyebutkan bahwa TKA Cina dapat membuat dokumen apapun dari barak, mess atau apartemennya. Artikel tersebut memuat informasi mengenai kemudahan bagi masyarakat Indonesia selama pandemi untuk mengurus dokumen yang dapat dilakukan secara online, seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan lainnya, bisa dicetak sendiri di rumah dengan menggunakan kertas HVS. Fakta lainya, dalam UU Tentang Administrasi Kependudukan Pasal 63 UU 24/2013 menyebutkan “Penduduk Warga Negara Indonesia dan orang asing memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah menikah atau pernah kawin wajib memiliki KTP el”. Menurut Zudan Arif Fakhrulloh, Dirjen Dukcapil Kemendagri, prosedur pengajuannya sama dengan WNI mengajukan perekaman e-KTP. Mereka harus datang ke Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat untuk perekaman dan mendapatkan e-KTP.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1245155689150297/

    https://tka-online.kemnaker.go.id/syarat.asp?fbclid=IwAR23eP_k0CNUOsrjYxPtVztHlwwhMtepDJiz6I1HgX6nCeO2bfEFony93Zg

    https://news.detik.com/berita/d-5085725/tak-perlu-antre-warga-bisa-cetak-kk-hingga-akta-kelahiran-sendiri-di-rumah/2?fbclid=IwAR1oQnwj2vW0QmQ5zO0EdPB3Y6TkmRODKy68QUGMGLWAqZU2COEFLrdTOiA

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Mengoleskan Kelapa Parut, Kunyit dan Pare Bisa Hilangkan Stretch Mark

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pasangan Pengantin Baru Menikah Setelah 40 Tahun Pacaran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ma'ruf Amin Mengajak Orang untuk Menonton Paha

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Tes Covid-19 di UK Adalah Bagian dari Konspirasi untuk Memanen Data DNA Biometrik Manusia

    Selengkapnya