FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 07-2020

    3749

    Rumus Jitu Lawan Covid-19, Peran Serta Masyarakat

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Bitung, Kominfo - Pemerintah telah menyiapkan semua kebijakan baik masalah medis maupun dampak nonmedis. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan semua kebijakan bisa terlaksana dengan baik  dengan hanya satu rumus jitu yakni peran serta masyarakat. 

    “Covid-19 ini bisa dilawan oleh community. Jadi, kalau kita mau mengatasi Covid-19, kekuatan kita ada di basis komunitas,” ungkapnya dalam program Bincang Bitung dari Rumah Dinas Walikota, Bitung, Sulawesi Utara, Selasa (28/07/2020) malam.

    Menteri Kominfo menekankan, untuk supaya basis komunitasnya bisa efektif, maka komunikasinya harus berasal dari satu sumber dan dipercaya masyarakat.  Menurut Menteri Johnny, kondisi pandemi Covid-19 selain berdampak pada sejumlah sektor, namun juga di sisi lain turut mendorong akselerasi percepatan era masyarakat digital.

    "Di mana masyarakat pun dapat memperoleh banyak informasi terkait perkembangan pandemi, sekaligus mendapatkan informasi terkait upaya pemerintah dalam menangani penyebaran wabah virus korona dan dampak yang ditimbulkan," jelasnya. 

    Stimulus

    Menteri Johnny melanjutkan, guna mengatasi dampak Covid-19 di bidang perekonomian di situasi sekarang ini, stimulus melalui penyerapan anggaran belanja Pemerintah baik Pusat maupun Pemerintah Daerah, menjadi titik penting untuk merangsang ekonomi daerah. 

    “Bagaimana kita mengatasi masalah dampak Covid-19 di bidang perekonomian, sangat ditentukan oleh stimulus yang diberikan oleh Pemerintah,” tuturnya.

    Dalam perbincangan, Menteri Johnny menyatakan Presiden Joko Widodo telah menitip pesan tidak saja kepada Pemerintah Pusat,  Pemerintah Daerah, Provinsi, Kabupaten, bahkan Pemerintah Desa sesegera mungkin melakukan penyerapan anggaran agar stimulus dan perputaran uang di perekonomian kita menjadi bisa lebih segar.

    “Ibaratnya, kita kasih oksigen di darah. Dengan likuiditas dialirkan kepada masyarakat, maka itulah oksigen untuk perputaran ekonomi kita. Khususnya untuk Bitung,” ujarnya. 

    Apresiasi

    Menteri Kominfo memberikan apresiasi atas upaya Pemerintah Kota Bitung dalam penanganan pandemi. “Saya memberikan apresiasi terhadap Pemkot Bitung dalam upaya penanganan Covid-19. Memang, pandemi Covid-19 mempengaruhi sejumlah sektor. Namun, upaya dari seluruh pihak dalam penanganan Covid-19 pasti akan membuahkan hasil yang terbaik,” paparnya.

    Siaga 5 M

    Pemerintah Kota Bitung menggalang upaya memutus dan mencegah penyebaran wabah virus Korona atau Covid-19 di kalangan warga melalui tagline Siaga 5 M.

    "Banyak aktivitas komunikasi melalui media sosial dilakukan agar masyarakat memahami dan patuh menjalankan protokol di tengah aktivitas sehari-hari," tutur Walikota Bitung Maximilian J. Lomban dalam acara yang sama

    Menurut Maxmillian, Siaga 5 M itu dimulai dari memakai masker, mencuci tangan lebih sering, menjaga jarak menghindari kerumunan. 

    "Keempat, menjaga imun tubuh dengan makanan bergizi dan berolahraga. Yang kelima dan yang paling utama, memanjatkan doa kepada Tuhan,” tuturnya.

    Lebih lanjut, di hadapan Menteri Kominfo, Walikota Bitung melaporkan angka penderita Covid-19 di Kota Bitung saat ini tercatat sebanyak 157 kasus. Namun, dengan segala usaha dan upaya, pihaknya terus melakukan penanganan serta pencegahan terhadap wabah tersebut.

    “Jadi, Bitung menerapkan siaga 5 M secara disiplin dan dilakukan secara terkoordinasi oleh seluruh Satgas,” jelasnya.(hm.ys).

    Berita Terkait

    Wabah Pneumonia Cina Varian Baru Covid-19, Awas Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Bahaya Vaksin Covid-19 pada Organ Jantung Manusia, Itu Disinformasi!

    Klaim yang menyebutkan bahaya Vaksin Covid-19 pada organ jantung manusia adalah tidak benar. Selengkapnya

    Vaksin Covid-19 Sebabkan Kerusakan Otak, Itu Disinformasi

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari usatoday.com, klaim itu salah. Selengkapnya

    Vaksin Covid-19 Picu Pembekuan Darah? Itu Disinformasi!

    Bridges mengalami rhabdomyolysis yang digambarkan sebagai efek samping atau komplikasi dari Covid-19. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA