FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 07-2020

    147

    Tiga Upaya Kominfo Sukseskan Pilkada Serentak 2020

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan tiga hal penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

    Tiga hal itu antara lain menyebarkan informasi tentang pelaksanaan tata cara Pilkada, pentingnya penyelenggaraan Pilkada bagi daerah, dan menyampaikan literasi yang berkaitan dengan menjaga kesehatan di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

    "Kominfo dalam fungsinya sebagai komunikasi publik akan melakukan tiga hal, untuk menyukseskan Pilkada tahun ini," ujar Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto dalam diskusi virtual ngobrol@tempo dengan tema Persiapan Pilkada di Masa Pandemi, dari Jakarta, Jumat (24/07/2020).

    Pertama, Kominfo akan melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat luas di berbagai daerah terkait dengan mekanisme penyelenggaraan Pilkada. Maksudnya, memberikan informasi tentang tata cara yang benar dalam melakukan pemilihan calon kepala daerah.

    "Tugas kami yang biasa kami lakukan setiap Pilkada memberikan informasi terkait tata cara pemilihan (electoral information)," kata Henri.

    Kedua, pihaknya akan melakukan memberikan informasi kepada masyarakat luas betapa pentingnya berpartisipasi aktif dalam Pilkada. Dengan melakukan hal itu, masyarakat dapat memberikan sumbangsih dalam menciptakan suatu daerah menjadi lebih baik dari kepemimpinan kepala daerah terpilih.

    "Informasi yang kami berikan kepada masyarakat luas betapa pentingnya penyelenggaraan Pilkada," imbuhnya.

    Ketiga, melakukan penyebaran informasi kepada publik mengenai senantiasa menjaga kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak. Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah saat ini, dilakukan ketika merebaknya wabah Covid-19 di wilayah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

    Dalam pesta demokrasi, keterlibatan masyarakat dalam kampanye para kandidat sangat erat. Disinilah peran Kominfo yang akan memberikan pemahaman kepada masyarakat secara masif agar terhindar dari Covid-19.

    "Literasi kesehatan dalam konteks supaya pilkadanya itu bisa berjalan aman dan tidak terjadi apenyebaran virus itu," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Dirjen SDPPI: Empat Upaya Pemerintah Wujudkan Pusat Data Nasional

    Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail mengatakan Pemerintah telah menga Selengkapnya

    Tingkatkan SDM, BPSDMP Kominfo Jabar Gelar Bimtek TIK

    Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika info Bandung Jawa Barat, bers Selengkapnya

    Kominfo Gandeng Platform Media Sosial Cegah Hoaks Pilkada 2020

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengatakan pemilik platform media so Selengkapnya

    Pilkada 2020, Kominfo Sosialisasikan Pemilih Cerdas, Damai dan Sehat

    Kementeriaan Komunikasi dan Informatika tengah melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan Pemilihan Umum Serentak 2020. Selaras dengan agenda Selengkapnya