FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 07-2020

    1104

    Tiga Upaya Kominfo Sukseskan Pilkada Serentak 2020

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan tiga hal penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

    Tiga hal itu antara lain menyebarkan informasi tentang pelaksanaan tata cara Pilkada, pentingnya penyelenggaraan Pilkada bagi daerah, dan menyampaikan literasi yang berkaitan dengan menjaga kesehatan di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

    "Kominfo dalam fungsinya sebagai komunikasi publik akan melakukan tiga hal, untuk menyukseskan Pilkada tahun ini," ujar Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto dalam diskusi virtual ngobrol@tempo dengan tema Persiapan Pilkada di Masa Pandemi, dari Jakarta, Jumat (24/07/2020).

    Pertama, Kominfo akan melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat luas di berbagai daerah terkait dengan mekanisme penyelenggaraan Pilkada. Maksudnya, memberikan informasi tentang tata cara yang benar dalam melakukan pemilihan calon kepala daerah.

    "Tugas kami yang biasa kami lakukan setiap Pilkada memberikan informasi terkait tata cara pemilihan (electoral information)," kata Henri.

    Kedua, pihaknya akan melakukan memberikan informasi kepada masyarakat luas betapa pentingnya berpartisipasi aktif dalam Pilkada. Dengan melakukan hal itu, masyarakat dapat memberikan sumbangsih dalam menciptakan suatu daerah menjadi lebih baik dari kepemimpinan kepala daerah terpilih.

    "Informasi yang kami berikan kepada masyarakat luas betapa pentingnya penyelenggaraan Pilkada," imbuhnya.

    Ketiga, melakukan penyebaran informasi kepada publik mengenai senantiasa menjaga kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak. Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah saat ini, dilakukan ketika merebaknya wabah Covid-19 di wilayah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

    Dalam pesta demokrasi, keterlibatan masyarakat dalam kampanye para kandidat sangat erat. Disinilah peran Kominfo yang akan memberikan pemahaman kepada masyarakat secara masif agar terhindar dari Covid-19.

    "Literasi kesehatan dalam konteks supaya pilkadanya itu bisa berjalan aman dan tidak terjadi apenyebaran virus itu," pungkasnya.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Fasilitas Sulih Bahasa Isyarat dari Kominfo Bantu Teman Tuli Ikuti Debat Capres 2024

    Fasilitas itu sangat bermanfaat sekali untuk teman-teman tuli yang menyaksikan Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024. Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA