FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 07-2020

    738

    Sekjen Kominfo Bicara Peluang Digitalisasi Lewat Budaya Digital

    Kategori Berita Kementerian | Irso

    Jakarta, Kominfo – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan  pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi perlu diimbangi dengan kegiatan yang produktif, misalnya dengan membuat karya berupa konten-konten kreatif.

    “Karena seperti kita ketahui bahwa digitalisasi itu bisa berdampak positif, tetapi juga bisa berdampak negatif,” ujar Sekjen Kementerian Kominfo Kominfo di acara IDCWEEK 2020 secara daring yang diselenggarakan Sobat Cyber Indonesia, dari Jakarta, Rabu (22/07/2020).

    Kepada peserta pelatihan Indonesia Digital Content Week 2020 (IDCWEEK), Sekjen Niken menjelaskan di tengah situasi pandemi Covid-19, ada peluang dan tantangan dalam perkembangan digital. Jika kaum milenial memanfaatkan ruang digital dengan baik tentunya akan menemukan banyak peluang.

    Sebagai contoh pada saat masyarakat dianjurkan melaksankan Work From Home atau bekerja, beajar dan beribadah di rumah, di mana digitalisasi menjadi semakin penting. 

    “Oleh karena itu, kita perlu cerdas di dalam memanfaatkan peluang dari digitalisasi ini, yaitu dengan semakin cepatnya bertumbuh budaya digital atau digital culture,” jelasnya

    Sekjen Kementerian Kominfo menyebut adanya dampak negatif digitalisasi saat pandemi Covid-19 ini. Menurutnya banyak bermunculan disinfodemic (disinformasi tentang pandemi). Berdasarkan hasil tracking hoaks dan disinformasi, Kementerian Kominfo menemukan banyak berita bohong tentang pandemi yang kemudian disebarkan.

    "Karena banyaknya orang yang ikut nge-share informasi-informasi yang negatif. Jadi hindari share apapun yang mengebohkan atau yang tidak jelas sumbernya, cek dulu kebenarannya, jadi jangan langsung dishare,” pesan Sekjen Niken.

    Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kementerian Kominfo mengapresiasi gerakan literasi digital yang diselenggarakan oleh kelompok masyarakat atau lembaga tertentu, seperti yang diselenggarakan oleh Sobat Cyber Indonesia dengan mengajak kaum milenial. 

    “Tentunya saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Sobat Cyber Indonesia yang selalu pro aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk literasi digital,” imbuhnya.

    Berita Terkait

    Terapkan Digitalisasi Layanan untuk Dukung Percepatan Transformasi Digital

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti meminta seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Selengkapnya

    Menkominfo: Terapkan 3I Agar Jadi Pemenang di Era Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate menyatakan pandemi Covid-19 merupakan momentum bagi para siswa dan mahasiswa untuk mengasa Selengkapnya

    Format Baru Gernas 1000 SU Digital Akselerasi Skala Bisnis

    Gerakan Nasional (Gernas) 1000 Startup Digital menerapkan format baru di tahun 2020. Program yang telah berlangsung sejak 2016, kini ditarg Selengkapnya

    Cetak Amatir Radio Berkualitas di Lokasi Wisata Bahari

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk pertama kali d Selengkapnya