FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 07-2020

    423

    Kolaborasi Pemerintah-Startup Dorong Digitalisasi UMKM dan IKM

    Kategori Berita Kementerian | Irso
    Vice President of Public Policy & Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni dalam Webinar Mendorong Akselerasi Transformasi Digital di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (21/07/2020). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Pandemi Covid-19 mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan Industri Kecil Menengah (IKM) melakukan transmigrasi dari offline ke online. Pemerintah bersama dengan sejumlah startup digital ternama bergandengan tangan untuk mewujudkan upaya digitalisasi tersebut. Salah satu kolaboradi berlangsung antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Tokopedia.

    “Kerja sama Tokopedia bersama Kominfo adalah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GN BBI), kemarin juga kami turut serta mendukung launching Kita Bela Kita Beli yang merupakan bagian dari BBI,” kata Vice President of Public Policy & Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni dalam Webinar Mendorong Akselerasi  Transformasi Digital di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (21/07/2020).

    Astri menjelaskan bahwa sejak kampanye GN BBI diluncurkan kurang lebih dua bulan, Tokopedia telah menerima lebih dari 300 ribu UMKM yang kemudian bergabung. Bahkan, rata-rata pertumbuhan penjualan bisa mencapai tiga kali lipat. 

    "Selain bersama Kominfo, Tokopedia juga melakukan kerja sama dengan kementerian/lembaga lain untuk mendorong digitalisasi UMKM dan IKM. Dengan Kementerian Pertanian kami juga melakukan kampanye pemasaran produk UKM peternakan, karena banyak dari mereka yang juga belum go online,” ujar Astri.

    Menurut Astri, Tokopedia juga bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, salah satu program yang dilakukan saat Hari Konsumen Nasional tahun 2019 untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi mengenai hak sebagai konsumen.  Sedangkan program kerja sama lainnya bersama Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

    “Kami juga memiliki banyak sekali program khusus kepada teman-teman UMKM di daerah terutama di pedesaan, program unggulan kami adalah pemberdayaan UMKM melalui Tokopedia Center di pedesaan” imbuhnya.

    Webinar Mendorong Akselerasi Transformasi Digital Seri II yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo juga menghadirkan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Staf Khusus Menkominfo Bidang Digital dan SDM Dedy Permadi, serta Vice President of Public Policy & Government Relations Gojek Tricia Istiara Iskandar.

    Berita Terkait

    Inilah Nominasi Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2020

    Sejak tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Anugerah Jurnalistik Kominfo sebagai bentuk apresiasi bagi para jurnalis Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-PT Tingkatkan Kompetensi Digital EksPMI

    Kementerian Kominfo melibatkan perguruan tinggi untuk menyiapkan talenta digital yang kompeten. Kolaborasi itu menurut Plt. Kepala Badan Pe Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo, Global Tech Company dan Startup Lokal Pacu Transformasi Digital UMKM

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Mitra Global Tech Company (Google Indonesia) dan Start-up Lokal (Go-jek, dan Tok Selengkapnya

    Awas Hoaks! Surat Perintah Pengamanan Aksi Polda DIY

    Beredar informasi mengenai Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengeluarkan surat perintah pengamanan. Kon Selengkapnya