FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 07-2020

    1476

    Pemerintah Akselerasi Industri Bertransformasi Saat Pandemi Lewat INDI 4.0

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mengambil langkah strategis di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya melalui akselerasi transformasi industri 4.0 yang sejalan denganMaking Indonesia 4.0, sebuah peta jalan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri nasional. Dengan demikian, diharapkan perekonomian Kembali pulih di tengah pandemi, dan aktivitas industri mampu berjalan seperti sediakala tanpa mengabaikan prosedur dan protokol kesehatan. 

    “Transformasi industri 4.0 ini memberikan keuntungan bagi perusahaan industri dengan menurunkan biaya dan down-time, meningkatkan kinerja mesin dan peralatan, meningkatkan kecepatan operasi produksi dan kualitas produk, serta compatible dengan protokol kesehatan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Doddy Rahadi, di Jakarta, Kamis (16/07/2020).   

    Selama pandemi Covid-19, Kemenperin aktif melakukan sosialisasi awarenesskepada para stakeholder industri agar tetap produktif dengan industri 4.0, di antaranya melalui penyelenggaraanassesmentIndonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0)secara online guna mengakselerasi pelaku industri untuk dapat bertransformasi menuju industri 4.0.

    “Sekitar 500 perusahaan industri telah terlibat dalam assesment INDI 4.0 dan proses transformasi industri 4.0 di tahun 2019,” ungkap Kepala BBPI. INDI 4.0yang telah diluncurkan tahun 2019 tersebut, merupakan alat untuk mengukur kesiapan industri dalam bertransformasi menuju industri 4.0.

    INDI 4.0 yang merupakan indeks acuan bagi industri dan pemerintah dalam mengukur tingkat kesiapanindustri untuk bertransformasi menuju industri 4.0 di Indonesia yang terdiri dari lima pilar (pilarmanajemen dan organisasi, pilar orang dan budaya, pilar produk dan layanan, pilar teknologi dan pilaroperasi pabrik). “Pada INDI 4.0 terdapat lima level, yaitu level nol hingga level empat yang menunjukkankesiapan industri dalam menerapkan industri 4.0,” tuturnya. 

    Pengisian assesment INDI 4.0 pada sistem informasi industri nasional (SIINas) dilakukan secara virtualmulai Rabu 15 Juli 2020, yang diikuti oleh150 perusahaan industri dari berbagai sektor, antara lain makanan dan minuman, elektronik, otomotif, kimia, elektronik, farmasi, alat kesehatan, logam dan aneka, sertadihadiri juga oleh tenaga ahli dan perusahaan industri yang telah melakukan transformasi industri 4.0 di tahun sebelumnya.

    “Memang prioritas industri 4.0 ini pada lima sektor yaitu makanan minuman, tekstil, kimia, otomotif, dan elektronika, serta farmasi dan alat kesehatan guna mendukung percepatan pemulihan pandemi covid-19 ini. Kami juga memberi kesempatan kepada sektor lain bila ingin bertransformasi menuju industri 4.0,” lanjut Doddy.

    Dalam assesment ini juga dijelaskan tentang keuntungan dan strategi transformasi industri 4.0 sebagai salah satu solusi untuk tetap produktif di masa pandemi Covid-19 guna memenuhi prosedur dan protokol kesehatan. “Dalam kondisi seperti ini, semakin banyak perusahaan yang proaktif untuk transformasi industri 4.0, tentunya akan semakin besar peluang pelaku industri tetap eksis dan mampu untuk berdayasaing,” ungkapnya.

    Doddy menambahkan, selain peningkatan awareness dan assesment INDI 4.0, dilakukan pula pendampingan dan pelaksanaan projecttransformationindustry 4.0untuk perusahaan industri. Pendampingan ini bertujuan memberikan arah dan langkah strategis yang dapat diambil perusahaan dalam memprioritaskan project implementasi industri 4.0 sesuai dengan key performance indicators (KPI) perusahaan. 

    “Perusahaan-perusahaan dengan skor INDI 4.0 di level tiga akan mendapat prioritas pendampingan dan didorong untuk mengakselerasi transformasi industri 4.0 agar benefitnya dapat segera dirasakan di masa pandemi ini,” pungkasnya.

    Berita Terkait

    Presiden Apresiasi Kinerja KPU dalam Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

    Sebelumnya, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang ditetapkan dalam Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitung Selengkapnya

    Susun RKP 2025, Pemerintah Fokus Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan

    Pada tahun 2025 pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 5,3-5,6 persen. Selain itu pemerintah juga menargetkan penuru Selengkapnya

    Pemerintah Optimis Transformasi Digital Jangkau Hingga Pelosok Desa

    Selama ini layanan di Desa masih terpisah-pisah sehingga masyarakat belum sepenuhnya medapat kemudahan. Selengkapnya

    Kolaborasi Pacu IKD untuk Transformasi Layanan Digital

    Pemerintah memberikan perhatian terhadap tiga kunci penting yakni Identitas Digital, Data Interoperability, dan Digital Payment. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA