FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 07-2020

    653

    Kominfo Ajak Startup Bertranformasi Kembangkan Inovasi Produk

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Perusahaan besar maupun rintisan (startup) harus siap melakukan transformasi digital. Salah satu cara adalah melalui inovasi produk sesuai kebutuhan masyarakat.

    “Inovasi yang dilakukan perusahaan besar maupun startup dapat meningkatkan daya saing mereka agar mampu bertransformasi,” ucap Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna dalam diskusi daring #SelasaStartup The Power of Collaboration in Corporate yang disiarkan lewat kanal Youtube Dailysocial, Selasa (14/07/20).

    Selain itu menurut Nyoman, adanya pandemi Covid-19 ini juga menjadi momen terbaik untuk mempercepat proses transformasi digital. “Ada banyak kemajuan dalam pembangunan infrastruktur. Apabila pandemi tidak terjadi, mungkin tidak banyak perubahan yang terjadi di Indonesia,” ujarnya.

    Nyoman menyampaikan tahun depan alokasi dana pemerintah untuk transformasi digital akan semakin besar. “Sebagian besar dana dikeluarkan untuk membangun infrastruktur. Indonesia memang tertinggal dibanding negara Asia Tenggara lainnya,” ujarnya.

    Nyoman juga menyebutkan Kementerian Kominfo melalui Ditjen Aplikasi Informatika turut mendorong akselerasi transformasi digital di enam sektor, yaitu pertanian, maritim, pendidikan, kesehatan, logistik dan pariwisata.

    Sementara itu, Wakil Presiden Hubungan Investasi dan Strategi BRI Ventures, Markus Liman Rahardja mengatakan salah satu inovasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam bertransformasi digital adalah menciptakan produk yang belum pernah dibuat sebelumnya.

    Menurut Markus, BRI memiliki tiga visi atau pilar untuk bertransformasi, yaitu digitizing the coredigital ecosystem, dan digital proposition. Pembentukan BRI Ventures dinilai dapat memenuhi visi perusahaan untuk bertransformasi.

    “BRI Ventures dapat memenuhi pilar yang kedua dan ketiga. Melalui BRI Ventures, kami mampu menumbuhkan inovasi di bidang investasi melaui high growing selling dan high growing startup,” jelas Markus.

    Inovasi tersebut mendukung startup agar dapat menjual produknya secara mandiri. “Kami melakukan investasi tidak hanya pada startup di bidang fintech, kami juga lakukan investasi pada sektor pertanian seperti TaniHub,” ungkap Markus.

    BRI Ventures merupakan salah satu model bisnis BRI di bidang investasi untuk memperkuat ekosistem startup. BRI Ventures telah melakukan investasi kepada beberapa startup, seperti LinkAja, AyoPop, TaniHub, dan ModalKu. Informasi mengenai BRI Ventures lebih lanjut dapat kunjungi situs briventures.id(pag)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Anak Tak Divaksin Bebas Infeksi Telinga, Itu Hoaks!

    Ternyata klaim itu keliru dan berpotensi menyesatkan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA