FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 07-2020

    90

    Kominfo Ajak Startup Bertranformasi Kembangkan Inovasi Produk

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo – Perusahaan besar maupun rintisan (startup) harus siap melakukan transformasi digital. Salah satu cara adalah melalui inovasi produk sesuai kebutuhan masyarakat.

    “Inovasi yang dilakukan perusahaan besar maupun startup dapat meningkatkan daya saing mereka agar mampu bertransformasi,” ucap Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna dalam diskusi daring #SelasaStartup The Power of Collaboration in Corporate yang disiarkan lewat kanal Youtube Dailysocial, Selasa (14/07/20).

    Selain itu menurut Nyoman, adanya pandemi Covid-19 ini juga menjadi momen terbaik untuk mempercepat proses transformasi digital. “Ada banyak kemajuan dalam pembangunan infrastruktur. Apabila pandemi tidak terjadi, mungkin tidak banyak perubahan yang terjadi di Indonesia,” ujarnya.

    Nyoman menyampaikan tahun depan alokasi dana pemerintah untuk transformasi digital akan semakin besar. “Sebagian besar dana dikeluarkan untuk membangun infrastruktur. Indonesia memang tertinggal dibanding negara Asia Tenggara lainnya,” ujarnya.

    Nyoman juga menyebutkan Kementerian Kominfo melalui Ditjen Aplikasi Informatika turut mendorong akselerasi transformasi digital di enam sektor, yaitu pertanian, maritim, pendidikan, kesehatan, logistik dan pariwisata.

    Sementara itu, Wakil Presiden Hubungan Investasi dan Strategi BRI Ventures, Markus Liman Rahardja mengatakan salah satu inovasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam bertransformasi digital adalah menciptakan produk yang belum pernah dibuat sebelumnya.

    Menurut Markus, BRI memiliki tiga visi atau pilar untuk bertransformasi, yaitu digitizing the coredigital ecosystem, dan digital proposition. Pembentukan BRI Ventures dinilai dapat memenuhi visi perusahaan untuk bertransformasi.

    “BRI Ventures dapat memenuhi pilar yang kedua dan ketiga. Melalui BRI Ventures, kami mampu menumbuhkan inovasi di bidang investasi melaui high growing selling dan high growing startup,” jelas Markus.

    Inovasi tersebut mendukung startup agar dapat menjual produknya secara mandiri. “Kami melakukan investasi tidak hanya pada startup di bidang fintech, kami juga lakukan investasi pada sektor pertanian seperti TaniHub,” ungkap Markus.

    BRI Ventures merupakan salah satu model bisnis BRI di bidang investasi untuk memperkuat ekosistem startup. BRI Ventures telah melakukan investasi kepada beberapa startup, seperti LinkAja, AyoPop, TaniHub, dan ModalKu. Informasi mengenai BRI Ventures lebih lanjut dapat kunjungi situs briventures.id(pag)

    Berita Terkait

    Kominfo Dorong Mahasiswa Kembangkan Ide Bisnis Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnis digital. Menurut Plt Direktur Ekonomi Digital Dire Selengkapnya

    Kominfo: Melek Digital Syarat Masuki Revolusi Industri 4.0

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar mendorong generus Selengkapnya

    Menkominfo: Pers Indonesia Kehilangan Sosok Jakob Oetama

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian wartawan senior sekaligus pendiri Kompas G Selengkapnya

    Awas Hoaks! Cina akan Bangun Pangkalan Militer di Indonesia

    Selengkapnya