FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 07-2020

    1278

    Kominfo Ajak Pranata Humas Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong Pejabat Fungsional Pranata Humas mengambil peran dalam memutus mata rantai pandemi Covid-19 di Indonesia.

    “Kami berharap Pranata Humas dapat segera bekerja dengan baik, menjelaskan dan menyosialisasikan mengenai penanganan Covid-19, sehingga kita bisa bersama-sama memutus mata rantai pandemi,” ujar Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo,  Selamatta Sembiring dari Jakarta, Selasa (14/7/2020).

    Dalam Bimtek Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional Pranata Humas yang dilakukan secara virtual. Direktur Sembiring mengatakan, setiap Pejabat Pranata Humas dibebankan tugas untuk mampu mensosialisasikan dan mendiseminasikan informasi mengenai penaganan pandemi Covid-19. “Termasuk seluruh protokol kesehatan kepada masyarakat hingga lapisan bawah (grass root),” jelasnya.

    Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik menyatakan Pranata Humas adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pegawai dengan perjanjian kerja (non PNS) yang diberi tugas tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang bewenang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan.

    “Dulu di zaman Orde Baru namanya adalah “Juru Penerang” di Kementerian Penerangan. Di era reformasi, Juru Penerang dihapus, berubah menjadi Pranata Humas,” jelasnya.

    Menurut Direktur Sembiring, saat ini Pejabat Pranata Humas memiliki tugas menjadi pelaksana  Government Public Relations.  “Kalau dulu tugasnya Pranata Humas hanya menyampaikan hasil-hasil apa yang dikerjakan oleh organisasi pemerintah tempat dia berada untuk memberikan citra positif, sekarang Pranata Humas, mengemban tanggung jawab untuk perlaksanaan Government Public Relations secara umum,” ujarnya.

    Kementerian Kominfo telah melantik pejabat administrasi untuk disetarakan ke Jabatan Fungsional. Dan masih ada jabatan administrasi yang masih menunggu rekomendasi dari Kementerian PAN RB.

    “Sejumlah Jabatan Fungsional Pranata Humas hasil penyetaraan, pada akhir Juni 2020 telah dilantik menambah deretan Pranata Humas di seluruh jajaran Kominfo yang sudah berjumlah seribu lebih,” tutur Sembiring.

    Asisten Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abba Subagja mengatakan, penyetaraan ini sebagai upaya mengimplementasikan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 384 Tahun 2019 tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi dan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi sebagai Pejabat Fungsional.

    “Jabatan fungsional seperti Pranata Humas merupakan transformasi sistem pengembangan karir. Pengangkatan jabatan fungsional melalui promosi, tidak ada melalui uji kompetensi bagi dari pengangkatan pertama,” jelasnya.

    Menurut Aba Subagja, Pranata Humas merupakan salah satu bentuk penyederhanaan birokrasi, penataan organisasi dan penataan jabatanan eselonisasi menjadi level 2, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

    “Penataan birokrasi lewat jabatan fungsional seperti Pranata Humas adalah kewajiban yang harus kita lakukan karena ini arahan langsung dari pemegang kekuasaan tertinggi manajemen ASN, yaitu Presiden,” katanya. (Santhy Verawati)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA