FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 07-2020

    1263

    [DISINFORMASI] Banyak Karyawan yang Positif Covid-19, Beberapa RSUD di Jakarta Ditutup

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar informasi yang menyebutkan bahwa beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta terpaksa ditutup karena terdapat beberapa karyawan yang positif Covid-19, seperti di RSUD Kalideres (8 karyawan positif), RSUD Pasar Rebo (20 karyawan positif), dan RSUD Depok (12 karyawan positif). Kabar tersebut ramai beredar di media sosial Facebook dan Broadcast WhatsApp. 

    Setelah ditelusuri, informasi yang menyebutkan bahwa beberapa RSUD terpaksa ditutup karena karyawan positif dan dapat menjadi cluster baru Covid-19 tidak sepenuhnya benar. Faktanya, beberapa RSUD yang disebutkan dalam pesan tersebut, seperti RSUD Kalideres, hanya menutup sementara pelayanan karena sedang dilakukan sterilisasi gedung sebagai bagian dari program pencegahan dan pengendalian Covid-19. Selanjutnya, manajemen RSUD Pasar Rebo juga menyampaikan klarifikasi bahwa informasi yang beredar sangat berlebihan dan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dan pelayanan kesehatan di RSUD Pasar Rebo tetap dibuka seperti biasa. Sementara RSUD Kota Depok memang sempat ditutup akibat 16 pegawai yang positif Covid-19 untuk keperluan sterilisasi dan pesan tersebut telah beredar 2 bulan yang lalu pada Kamis, 21 Mei 2020.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://data.jakarta.go.id/jalahoaks/detail/HOAKS-Banyak-Karyawan-yang-Positif-Covid-19-Beberapa-RSUD-di-Jakarta-Ditutup

    Berita Terkait

    [HOAKS] Thailand Peringatkan Vaksinasi Covid-19 Sebabkan Kanker dan Tumor Otak

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bencana Puting Beliung Sapu Bersih Wilayah DKI Jakarta

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Debat Capres di Pilpres 2024 Ditiadakan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA