FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2020

    6635

    [HOAKS] Semua Wilayah di Jakarta Masuk Zona Merah

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar postingan di media sosial dan pesan berantai yang memuat peta zonasi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Pada gambar yang beredar, diklaim seluruh wilayah di Jakarta masuk zona merah. Postingan tersebut memuat narasi yang menyebutkan bahwa "Hari ini Jakarta. Sudah Masuk Zona merah.. Hati2 ya.. jangan keluar rumah kalau enggak perlu banget".

    Dilansir dari laman situs medcom.id, klaim pada gambar yang beredar bahwa seluruh wilayah Jakarta masuk zona merah adalah salah. Faktanya, gambar tersebut tidak relevan dengan kondisi sebenarnya. Gambar yang sama ditemukan pada artikel yang dimuat Kompas.com melalui artikel berjudul "Dinkes Jakarta Utara: Garda Terdepan Lawan Covid-19 Seharusnya Masyarakat..." tayang pada 17 April 2020. Foto itu berasal dari peta persebaran Virus Corona per kelurahan di Jakarta dari situs jakarta.go.id. Gambar itu memakai data pada tanggal 16 April 2020. Saat itu, total kasus Covid-19 masih berjumlah 2,447 kasus. Sementara itu, kasus Covid-19 di Jakarta saat ini, per 9 Juli 2020, sudah berjumlah 13,359. Kendati meningkat, namun beberapa wilayah di Jakarta keluar dari zona merah. Tak semua wilayah di Jakarta masuk zona merah.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNLGljqK-cek-fakta-semua-wilayah-di-jakarta-masuk-zona-merah-cek-faktanya

    https://megapolitan.kompas.com/berita/20191141-dinkes-jakarta-utara-garda-terdepan-lawan-covid-19-seharusnya-masyarakat?page=all

    https://corona.jakarta.go.id/id/peta-persebaran

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Giveaway Motor CRF dan Uang Rp40 Juta oleh PT Astra Honda

    Selengkapnya

    [HOAKS] Jusuf Hamka Bagikan THR Lebaran di TikTok

    Selengkapnya

    [HOAKS] Terjadi Gelap selama 3 Hari Akibat Gerhana Matahari

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA