FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 07-2020

    1212

    Menjaga Infrastruktur Telekomunikasi di Kawasan Perbatasan

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Batam, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar inspeksi untuk memeriksa kondisi dan fungsi stasiun monitoring spektrum frekuensi radio Transportable Kabupaten Natuna.

    "Tujuan kegiatan untuk mengecek kondisi dan memastikan perangkat monitoring transportable beserta penunjangnya di site Natuna berfungsi dangan baik, guna menunjang tugas pemantauan pendudukan (occupancy) spektrum frekuensi radio," kata Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Abdul Salam di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (09/07/2020). 

    Menurut Abdul Salam kegiatan juga ditujukan untuk perawatan dan perbaikan perangkat, serta melaporkan hasilnya ke pusat jika terdapat kerusakan yang bersifat berat (major problem).

    "Perairan dan kepulauan Natuna harus dijaga dari infiltrasi atau pendudukan pihak asing. Semua potensi yang ada di sana harus dikawal dan lindungi, termasuk infrastruktur telekomunikasi agar selalu berfungsi dengan baik," ungkapnya.

    Kepala Balmon Kelas II Batam menyatakan hasil inspeksi menunjukkan secara umum perangkat utama dan kesisteman masih berfungsi dengan baik. "Namun, ada perangkat penunjang dari SMFR (Transportable) yang mengalami rusak ringan. Diantaranya, tidak bisa dilakukan remote desktop ke PC FMU untuk test fungsi perangkat dan CCTV agar berfungsi sebagaimana mestinya. Tim melakukan perbaikan dan penggantian tools, seperti adaptor yang rusak," jelasnya.

    Tim inspeksi juga melakukan restart protection board dan perbaikan fungsi-fungsi lainnya, agar perangkat SMFR Transportable dan CCTV saat memonitor kepadatan penggunaan frekuensi radio di site Natuna dapat berfungsi kembali utuh dan normal.

    Natuna sangat strategis bagi Indonesia. Secara geografis, perairan dan kepulauan Natuna menjadi batas terluar penentu kedaulatan NKRI dan perlintasan rute niaga internasional. Keberadaan negeri, yang berjuluk Laut Sakti Rantau Bertuah itu, menyimpan kekayaan alam cukup besar. Selain hasil lautnya, sekitar Natuna pun kaya akan gas yang dapat dimanfaatkan bagi pasokan energi dalam dan luar negeri.

    "Balmon Batam, satu dari 35 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo melakukan giat inspeksi dari tanggal 7 hingga 9 Juli 2020. Daerah yang berada di utara Indonesia ini merupakan salah satu wilayah kerja Balmon Batam di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki dua kota dan lima kabupaten,” jelas Abdul Salam.

    Berita Terkait

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Bawaslu Diskualifikasi Ganjar dari Bursa Capres

    Konon, isi video merupakan potongan rekaman video dari peristiwa yang tidak berkaitan. Selengkapnya

    Kelola Komunikasi Publik dengan Terapkan Prinsip Cepat dan Efektif

    Kementerian Kominfo mengajak kepada peserta Jarkom yang hadir baik secara online maupun offline untuk bersama-sama belajar menghasilkan prod Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA