FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 07-2020

    145

    [DISINFORMASI] Foto FPI Bagi-bagi Uang ke Demonstran Usai Apel Ganyang PKI

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan petinggi FPI Munarman sedang membagi-bagikan uang kepada sejumlah demonstran. Salah satu akun Facebook membagikan foto tersebut dan mengaitkan dengan aksi apel 'Ganyang PKI' yang disertai narasi "habis apel ganyang PKI ga perduli kovid2an yang penting dapur ngebul."

    Berdasarkan penelusuran Medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan petinggi FPI Munarman sedang membagi-bagikan uang kepada sejumlah demonstran terkait apel 'Ganyang PKI' adalah salah. Faktanya, foto itu diabadikan jauh sebelum apel 'Ganyang PKI'. Dilansir Detik.com, foto itu diabadikan pada Sabtu, 5 November 2016 atau satu hari setelah aksi 4 November 2016. Munarman mengaku mendapat laporan bahwa sejumlah peserta aksi tidak memiliki ongkos untuk kembali ke rumah masing-masing. Sebagai koordinator lapangan aksi saat itu, Munarman merasa bertanggung jawab. Ia menelusuri sejumlah tempat mencari massa demo yang ketinggalan rombongan untuk kembali ke wilayah asal. Sementara itu, apel 'Ganyang PKI' digelar pada Minggu 5 Juli 2020 di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Apel itu dihadiri sejumlah organisasi masyarakat (Ormas).

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNPGaYVK-beredar-foto-fpi-bagi-bagi-uang-ke-demonstran-usai-apel-ganyang-pki-ini-fa

    https://turnbackhoax.id/2020/07/08/salah-habis-apel-ganyang-pki-ga-perduli-kovid2an-yang-penting-dapur-ngebul/

    https://news.detik.com/berita/d-3347967/foto-bagi-bagi-uang-ke-pendemo-viral-di-medsos-ini-kata-munarman

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] STO Telkom Pekanbaru Kebakaran, Perbaikan Layanan sampai 1 Bulan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Lampu Bendera Lebanon Dinyalakan di Piramida Mesir

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Foto Habib Rizieq Promosikan Bentuk Salib

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Animasi Bahaya Virus Corona

    Selengkapnya