FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 07-2020

    971

    Lima Hari Operasi Kenormalan Baru Atasi Gangguan SFR Bandara Mopah

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Merauke, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menangani gangguan spektrum frekuensi radio (SFR) di Bandar Udara Mopah Merauke. Dalam kegiatan yang berlangsung dari tanggal 29 Juni s.d. 3 Juli 2020 itu, Tim Balai Monitor SFR Kelas II Merauke Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo berhasil melakukan operasi penanganan gangguan komunikasi penerbangan.

    "Sumber interferensi dapat dipantau dan dianalisa, yaitu berasal dari perangkat pengguna lain yang sewaktu-waktu melakukan pancaran. Demi mendukung kelancaran dan keselamatan transportasi udara di Kabupaten Merauke dan sekitarnya," ujar Kepala Balmon Merauke Simson Liha, di Merauke, Papua, Selasa (07/07/2020).

    Walaupun Provinsi Papua dalam masa Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD), Balmon Merauke tetap melaksanakan penanganan gangguan spektrum frekuensi radio dengan mengedepankan Protokol Kesehatan.

    “Mereka tetap menjaga jarak, memakai masker, pelindung wajah dan banyak-banyak mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,” kata Simson Liha.

    Balmon Merauke berkomitmen mengawal penggunaan frekuensi radio. “Terutama yang terkait dengan keselamatan jiwa, seperti penerbangan, maritim dan marabahaya,” kata Kepala Balmon Merauke.

    Peristiwa bermula setelah operasional penerbangan penumpang mengalami penutupan sejak 26 Maret 2020. Penutupan menjadi bagian dari  antisipasi penyebaran Covid-19, Bandara Mopah Merauke kembali dibuka pada 26 Juni 2020. 

    Berdasarkan laporan Perum LPPNPI (AirNav) Merauke Nomor: 216/G/33/TEK.05.01/LPPNPI/VI/2020 tertanggal 29 Juni 2020, ditemukan adanya gangguan komunikasi radio Dinas Penerbangan ground to air yang dioperasikan AirNav Merauke.

    "Ada interferensi. Hal itu menyulitkan komunikasi antara petugas dan pilot, baik yang hendak mendarat maupun yang akan lepas landas dari Bandara Mopah Merauke," ujar General Manager AirNav Cabang Merauke Kiki Adrian.

    Kiki Adrian menyampaikan gangguan terjadi pada frekuensi primer yang menyebabkan pilot tidak dapat berkomunikasi dengan petugas AirNav. "Operasional selama terjadinya interferensi sempat menggunakan frekuensi sekunder," ungkapnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Awas Hoaks! Petugas KPU Menyusup dan Beri Bocoran Debat Perdana

    detik.com memberitakan bantahan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman soal klaim yang menyebut adanya petuga Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Bawaslu Diskualifikasi Ganjar dari Bursa Capres

    Konon, isi video merupakan potongan rekaman video dari peristiwa yang tidak berkaitan. Selengkapnya

    [Berita Foto] Delegasi Pertemuan DEWG G20 Tiba di Bandara Ngurah Rai

    Sebanyak 11 delegasi dari lima negara dan dua organisasi Internasional telah datang melalui Bandara Ngurah Rai, Kuta, Badung Bali, Sabtu (27 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA