FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 07-2020

    2116

    [HOAKS] Covid-19 Memiliki Arti “see a sheep surrender”

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Sebuah postingan di media sosial mengklaim bahwa akronim Covid-19 terdiri dari serangkaian simbol kuno yang ketika dikompilasi memiliki arti “see a sheep surrender” atau "melihat domba menyerah" dimana "Ovid" berarti domba, "C" berarti “see" dan 19 adalah "number of surrender". Sehingga menyiratkan anggapan pandemi ini adalah konspirasi.

    Dilansir dari reuters.com, klaim bahwa Covid-19 memiliki arti ““see a sheep surrender” adalah salah. Setelah ditelusuri kata "domba" dalam bahasa Latin adalah "ovis", bukan "ovid". Huruf "C" sendiri tidak merujuk ke kata kerja atau “see". Sementara tidak ada bukti historis yang menunjukkan signifikansi angka 19 adalah "number of surrender". The International Committee on Taxonomy of Viruses (ICTV) memberikan nama virus sesuai dengan struktur genetik mereka dan untuk kepentingan penelitian ilmiah. Istilah Covid-19 sendiri mengacu pada “coronavirus disease 2019”. The U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan nama baru penyakit ini adalah Coronavirus disease 2019 , disingkat Covid-19. Dalam Covid-19, 'CO' adalah singkatan dari 'corona,' 'VI' untuk 'virus,' dan 'D' untuk penyakit. Sebelumnya, penyakit ini disebut sebagai "2019 novel coronavirus" atau "2019-nCoV".

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-covid-see-sheep-surrender/fact-check-covid-19-does-not-mean-see-a-sheep-surrender-idUSKBN2413CF

    Berita Terkait

    [HOAKS] Vaksin Covid-19 Dapat Menyebabkan Penyakit Lambung pada Perempuan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kemunculan Api dari Dalam Bumi setelah Gempa di Kota Tuban

    Selengkapnya

    [HOAKS] Vaksin mRNA Covid-19 Menyebabkan Penurunan Kesuburan Reproduksi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Covid-19 Ternyata Disebabkan oleh Paparan Radiasi

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA