FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 06-2020

    891

    Kominfo Percepat Laporan Data Covid-19 di Flores Timur

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate saat meresmikan internet gratis di Kabupaten Flores Timur/Dok. Istimewa.

    Larantuka: Menteri Komunikasi dan Informatikan, Johnny G Plate membuka akses jaringan internet gratis di Desa Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Akses internet yang terpusat di Puskesmas Demon Pagong diharapkan mempercepat laju data terkait korona (COVID-19) ke pemerintah pusat.
    "Bisa cepat sampai di dashboard pemerintah di Jakarta, sehingga pengendalian data covid itu dapat mudah" kata Johnny di lokasi, Kamis sore, 25 Juni 2020.
    Jaringan gratis diberikan melalui Melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Johnny berharap fasilitas itu dapat membantu administrasi dan pelayanan konsultasi kesehatan secara daring.
    Menurut dia, Desa Demon Pagong merupakan lokasi strategis untuk layanan internet gratis. Sebab desa tersebut termasuk daerah perlintasan di Kabupaten Flores Timur.
    Penyediaan layanan di desa tersebut merupakan bagian dari program internet gratis di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Johnny menegaskan komitmen untuk program itu.
    "Kami sedang melakukan koordinasi baik itu yang dibangun oleh oleh Pemerintah melalui Kominfo, maupun yang harus dilanjutkan pembangunannya itu di wilayah non-3T oleh operator seluler," kata dia.
    Johnny berharap layanan internet gratis dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Warga setempat bisa mengakses internet secara gratis dalam radius 100 meter dari Puskesmas Demon Pagong dengan kekuatan jaringan hingga 10 mbps.
    Sebanyak 58 akses internet gratis di Kabupaten Flores Timur, dengan 5 base transceiver station (BTS) yang tersebar di kantor desa, fasilitas kesehatan, hingga sekolah. Provinsi NTT memiliki 753 Akses Internet gratis di lebih 20 kota dan kabupaten. (ADN)
     
    Sumber: Medcom.id
    Pewarta: Cicilia Sinabariba

    Berita Terkait

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA