FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 06-2020

    3320

    Kerja Sama Perluasan Akses PeduliLindungi dan Publikasi Konten Cerdas Bertelekomunikasi

    SIARAN PERS NO. 79/HM/KOMINFO/06/2020
    Kategori Siaran Pers
    Dirjen PPI Kementerian Kominfo (tengah) bersama Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri), Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra (kedua dari kiri), Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kedua dari kanan) dan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek (kanan). - (AYH)

    Siaran Pers No. 79/HM/KOMINFO/06/2020

    Selasa, 30 Juni 2020

    Tentang

    Kerja Sama Perluasan Akses PeduliLindungi dan Publikasi Konten Cerdas Bertelekomunikasi 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan hasil kerja sama perluasan akses aplikasi PeduliLindungi dan Publikasi Konten Cerdas Bertelekomunikasi. Upaya itu merupakan dukungan agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sekaligus memanfaatkan teknologi telekomunikasi agar lebih produktif dan aman beraktivitas selama pandemi.

    “Dalam rangka memperluas penggunaan dan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi, serta sebagai bagian dari upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, Kementerian Kominfo dan Kementerian BUMN bekerja sama dengan berbagai pihak mengembangkan fitur PeduliLindungi,” ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramil di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (30/06/2020).

    Dirjen Ramli menuturkan aplikasi PeduliLindungi milik Pemerintah yang dikembangkan Telkom Indonesia dan beberapa provider lain aman digunakan. “Aplikasi PeduliLindungi mampu melakukan tracing (penelusuran) dan tracking (pelacakan) lokasi masyarakat dengan menggunakan teknologi bluetooth yang terenkripsi dan aman untuk digunakan,” tegasnya.

    Guna meningkatkan jangkauan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, Kementerian Kominfo melakukan integrasi aplikasi dengan perusahaan teknologi karya anak bangsa Gojek. “Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Kementerian Kominfo mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi Gojek,” tutur Dirjen PPI. 

    Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi menyatakan, aplikasi pedulilindungi sudah didownload lebih dari 4 juta kali. "Sebelumnya memang lebih berfungsi sebagai tracking, tracing dan fencing, tapi harapan ke depan segera masuk ke tahap berikutnya sebagai fungsi screening sehingga bisa dimanfaatkan oleh ratusan juta rakyat Indonesia sebagai infrastruktur yang normal baru mengatasi masalah Pandemi Covid-19," paparnya.

    Menurut Wamen BUMN Aplikasi PeduliLindungi merupakan salah satu infrastruktur dasar normal yang baru. "Fungsi screening diperlukan untuk kesehatan bukan security, dan akan menjadi salah satu infrastruktur dasar dari normal baru sesudah Covid-19. Oleh karena itu, kita harus bikin seefisien mungkin, sebaik mungkin, secepat mungkin, semudah mungkin agar setiap manusia tidak usah takut beraktifitas," tuturnya.


    Direktur Utama PT Telkom Ririek Ardiansyah menyatakan aplikasi akan dikembangkan dengan melengkapi beragam fitur yang akan dapat memudahkan masyarakat di era kenormalan baru. " Lewat aplikasi ini ingin mempermudah masyarakat untuk menjalani kehidupan yang masuk new normal. Kita lengkapi juga dengan berbagai fitur tambahan yang akan berevolusi nantinya mobilitas masyarakat bisa lebih mudah daripada harus membawa kartu atau surat bukti bebas Covid-19," ujarnya.

    Menurut Dirut Telkom, Aplikasi PeduliLindungi juga akan digunakan untuk mengelola kunjungan wisatawan dari luar negeri, khususnya di sepuluh destinasi wisata unggulan. "Kita akan terus kembangkan fitur termasuk bagaimana untuk mengatur para turis yang datang dari luar negeri dengan mengatur (melalui Aplikasi PeduliLindungi) di perbatasan sudah kita atur. Ultimate-nya tentunya kita ingin agar kegiatan ekonomi bisa berjalan dan risiko pandemi Covid-19 bisa dikurangi," jelasnya.

    Kolaborasi Ekosistem

    Menurut Dirjen Ramli, melalui integrasi tersebut, masyarakat pada umumnya dapat mengakses langsung aplikasi PeduliLindungi di Gojek. “Di samping itu, pengguna Gojek juga mendapatkan informasi tentang manfaat berpartisipasi dalam PeduliLindungi melalui link yang terdapat di shuffle card dan inbox aplikasi Gojek serta media sosial,” jelasnya.

    Keberadaan aplikasi PeduliLIndungi dalam ekosistem Gojek diharapkan dapat meningkatkan partisipasi jutaan pengguna Gojek, “Baik konsumen, mitra driver, maupun mitra UMKM GoFood - dan masyarakat Indonesia dalam upaya pelacakan dan meredam penyebaran pandemi Covid-19,” papar Dirjen PPI. 

    Mewakili Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Dirjen Ramli menyatakan apresiasi atas kolaborasi ekosistem dalam mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

    “Pemerintah memberikan apresiasi kepada Gojek dan berharap platform digital  lainnya dapat mengikuti langkah yang ditempuh oleh Gojek untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menghadapi Covid-19,” tegasnya.

    Menurut Dirjen PPI, Kementerian Kominfo terus membuka ruang kerja sama dengan seluruh mitra kerja untuk pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi saat menghadapi new normal.

    “Kami yakin karena Gojek itu drivernya juga langsung berhubungan dengan publik yang sangat luas, maka PeduliLindungi bisa menjadi bagian dari menghadapi New Normal kedepan,” tuturnya.

    Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek, Shinto Nugroho mengatakan, PeduliLindungi merupakan aplikasi sangat penting karena dalam aktifitas sehari-hari, tidak dilepaskan dari jejak bepergian setiap orang, sehingga seseorang tidak hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga orang di sekitarnya.

    “Kita sebenarnya sangat bangga karena yang kita targetkan 1 juta yang download PeduliLindungi dalam 6 bulan, tapi ini baru diluncurkan satu minggu dan saat ini jumlah yang men-download dengan push dari aplikasi Gojek sudah sekitar 82 ribu,” kata Shinto seraya menyatakan hal tersebut menunjukkan sebuah kolaborasi menjadi sangat krusial dalam program-program yang dilakukan menghadapi pandemi Covid-19. 


    Produktif dan Aman Bertelekomunikasi

    Di tengah tatatan new normal atau kenormalan baru, Kementerian Kominfo juga mendorong masyarakat pengguna telekomunikasi beraktivitas dengan produktif dan aman.

    “Peningkatan penggunaan layanan telekomunikasi perlu diimbangi dengan peningkatan kewaspadaan masyarakat terhadap kejahatan atau fraud transaksi online (perbankan/uang elektronik) yang memanfaatkan fitur-fitur dalam bertelekomunikasi,” ungkap Dirjen Ramli.

    Oleh karena itu, Kementerian Kominfo bersama komunitas komunikasi dan informatika menyiapkan materi edukasi yang bisa digunakan masyarakat.

    “Ditjen PPI dan BRTI telah menyusun beberapa materi edukasi cerdas bertelekomunikasi bekerja sama dengan operator seluler, Bank Indonesia, OJK, Bareskrim, BSSN, BPKN dan YLKI,” jelas Dirjen PPI.

    Menurut Dirjen Ramli, materi edukasi tersebut berisi mengenai modus kejahatan atau fraud yang terjadi melalui pemanfaatan telekomunikasi serta upaya pencegahan dari kejahatan tersebut. 

    Ada empat materi edukuasi dalam bentuk video animasi dan infografis yang bisa  digunakan publik, yaitu (1) video animasi tentang SIM Swap, (2) video animasi tentang OTP Fraud, (3) infografis/ flyer tentang SIM Swap, dan  (4) infografis/ flyer tentang OTP Fraud.

    “Diharapkan dengan adanya konten cerdas bertelekomunikasi dapat meningkatkan kewaspadaan dan  kesadaran atau awareness masyarakat sehingga dapat terhindar dari kejahatan atau fraud transaksi online yang memanfaatkan telekomunikasi,” tutur Dirjen PPI.

    Menurut Dirjen Ramli, materi tersebut direncanakan akan dipublikasikan melalui kanal-kanal yang dimiliki oleh Kominfo, operator seluler, Bank Indonesia, OJK, Bareskrim, BSSN, YLKI, BPKN, dan media televisi.

    Selain Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek, hadir pula Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 205/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Cegah Polarisasi, Menkominfo Dorong Penyebaran Narasi Inklusif

    Menteri Budi Arie mendorong media massa untuk mengembangkan kontranarasi terhadap ancaman intoleransi yang sarat kepentingan politik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 204/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jaga Legitimasi, Menteri Budi Arie Imbau Masyarakat Terima Hasil Resmi Pemilu

    Menteri Budi Arie mengimbau masyarakat menerima hasil resmi Pemilihan Umum 2024 yang akan diumumkan KPU selambat-lambatnya tanggal 20 Maret Selengkapnya

    Siaran Pers No. 203/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Kembangkan Kebijakan Responsif dan Adaptif, Menkominfo: Libatkan Pemangku Kepentingan

    Menteri Budi Arie menekankan arti penting hubungan timbal balik antara pemerintah dengan pelaku industri. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 202/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menteri Budi Arie Apresiasi Kolaborasi Perkuat Transformasi Digital Pemerintahan

    Menurut Menteri Budi Arie, model kerja sama pemerintah swasta akan memungkinkan kolaborasi keahlian, sumber daya, dan inovasi teknologi terk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA