FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 06-2020

    459

    Soal Dugaan Kebocoran Data Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Menkominfo

    Kategori Artikel | Irso

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan sejauh ini tidak ada indikasi peretasan data, baik data breach maupun data leak yang ada di pusat data dan interoparabilitas data Kominfo. 

    “Data-data (pasien) Covid-19 yang dikelola oleh Kominfo dan dilakukan interoperabilitas data oleh Kominfo dari 2.700 data center, dan dari upload data produser dari seluruh Indonesia, dan proses cleansing yang dilakukan oleh Kominfo, sejauh monitoring kami sampai hari ini data-data di data center Kominfo aman,” tutur Menkominfo dalam penjelasannya di Program Primetime News Metro TV, Jakarta, Selasa (23/06/2020)

    Mengutip konfirmasi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Menteri Kominfo menyatakan data-data yang sudah dilakukan interoperabilitas dan proses cleansing dari Kominfo, juga kemudian dilakukan recleansing sebelum data-data tersebut diumumkan kepada publik.

    “Kami juga mendapat konfirmasi dari BSSN bahwa data yang sudah dilakukan interoperabilitas dan yang sudah dilakukan cleansing oleh Kominfo terkait Covid-19 itu, diserahkan kepada BSSN untuk melakukan recleansing data sebelum data itu disampaikan di dasbord Kementerian Kesehatan, dan diumumkan kepada publik oleh Gugus Tugas,” jelasnya.

    Dari BSSN pun, lanjut Menteri Johnny, memberikan konfirmasi bahwa tidak ada data breach atau data leak, sehingga data pasien Covid-19 aman.  Namun, mengingat sebaran data di Indonesia yang begitu luas, Kementerian Kominfo tentu melakukan koordinasi dan pengecekan apakah masih ada potensi dari sumber lain. 

    “Apakah dari kementerian atau lembaga terkait atau dari data-data yang berada di daerah yang mungkin saja bisa diretas dan sejauh ini, itu sedang diproses,” ujarnya.

    Menteri Johnny menegaskan jika ditemukan ada peretasan data, tindakan tersebut merupakan pelanggaran hukum, “Bareskrim Polri dan Siber Crime Polri yang akan melakukan penegakan hukumnya,” imbuh Menteri Kominfo. 

    Alur Data Pasien Covid-19 dari Daerah sampai ke Pusat

    Menteri  Kominfo menjelaskan alur sebuah data yang diproses hingga sampai ke kementerian/lembaga.  “Data-data itu kan dari daerah, disampaikan ke pusat dan dibawa koordinasi lintas kementerian/lembaga, karena apa? Ada UU sektor yang mengatur kerahasiaan data,” tuturnya.

    Data tentang kesehatan misalnya, yang berada di Kementerian Kesehatan, demikian halnya dengan data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di Kementerian Dalam Negeri.

    “Data-data lainnya perbankan dan lain seterusnya sifatnya sesuai UU-nya, itu tersebar di sektor-sektor,” kata Menteri Johnny.

    Berkaitan dengan data pasien Covid-19, tentu ada koordinasi dari daerah dimasukan ke dashbord, “Di dashbord-nya itu diupoad dari daerah, kemudian dikelola di Kominfo,” tambahnya,

    Setelah diterima oleh Kementerian Kominfo dan dilakukan pengecekan atas data-data tersebut, apakah relevan, up to date, sesuai atau tidak sesuai dengan realitasnya sebelum nantinya diberikan kepada BSSN. “Kepada BSSN untuk dilakukan recleansing, baru terakhir diumumkan di dasbord Kementerian Kesehatan atau Gugus Tugas,” imbuhnya.

    Pada saat data pasien Covid-19 baik dari pusat kesehatan, daerah maupun dari institusi berwenang yang disampaikan, maka bisa saja data-data tersebut ada di pusat-pusat kesehatan atau data center di masing-masing daerah.

    Berita Terkait

    Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas, Ini Alurnya!

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate meninjau kesiapan sarana dan prasarana Puskesmas Jurang Mangu Kec. Pondok Aren, Tangeran Selengkapnya

    Sukseskan Vaksinasi Covid-19 dengan Aplikasi SMILE

    Salah satu kesuksesan vaksinasi Covid-19 terletak pada pemerolehan dan pengelolaan informasi. Darurat wabah, kekhususan vaksin, jumlah popul Selengkapnya

    Dukung Digitalisasi UMKM, Ini Tiga Pendekatan Strategis Kominfo

    Guna mempermudah sekaligus memperlancar aktivitas dan transaksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Ultra Mikro (UMi) dalam ekosistem Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA