FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 06-2020

    3603

    [DISINFORMASI] Jakarta Kembali Zona Merah dan Bogor Zona Hitam

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan di media sosial Facebook terkait peta sebaran Covid-19 wilayah DKI Jakarta dengan narasi “DKI kembali Zona Merah, Bogor Zonna Hitam”. 

    Faktanya peta yang ditampilkan pada unggahan tersebut merupakan peta persebaran virus corona yang ditampilkan situs pemantau milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada bulan April 2020 lalu, yang sama sekali tidak relevan dengan perkembangan corona di DKI Jakarta saat ini. Kemudian klaim bahwa DKI Jakarta kembali zona merah tidaklah tepat sebab penggunaan kata ‘kembali’ di kalimat tersebut seolah-olah menyiratkan bahwa Jakarta sempat berubah warna zona dari merah ke warna lain, sebelum akhirnya kembali menjadi zona merah. Padahal, Jakarta memang telah menjadi zona merah sejak April 2020, dan status wilayah tersebut tidak pernah berubah jadi zona berwarna lain hingga saat ini. Selain itu klaim Bogor zona hitam juga tidak tepat, hal tersebut dikarenakan ‘zona hitam’ bukanlah kategorisasi resmi dipakai oleh Gugus Tugas untuk menjelaskan kondisi kasus aktif di suatu wilayah. Adapun Gugus Tugas memulai rentang zona dari warna hijau, kuning, oranye, dan merah. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://kumparan.com/kumparansains/viral-di-whatsapp-jakarta-zona-merah-dan-bogor-zona-hitam-ini-faktanya-1tfaeNJLdrh/full

    https://www.antaranews.com/berita/1572312/dki-jakarta-kembali-masuk-zona-merah-covid-19-ini-faktanya

    Berita Terkait

    [HOAKS] Nata de Coco Terbuat dari Plastik

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Pencairan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar

    Selengkapnya

    [HOAKS] Vaksin Demam Berdarah Dengue Berbahaya

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA