FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 06-2020

    1715

    Menkominfo: Google Cloud Perkuat Digitalisasi Nasional

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi kehadiran Google Cloud Region Jakarta. Sebagai salah satu infrastruktur digital, akan dapat memperkuat pengembangan digitalisasi dan ekonomi digital di Indonesia.

    "Kehadiran Google Cloud tentu akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi berbasis digital di Indonesia. Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkokoh keamanan dan pelindungan privasi data; meningkatkan kemajuan ekonomi digital," tutur Menteri Kominfo dalam sambutan yang berlangsung secara virtual dari Jakarta, Rabu (24/06/2020).

    Menteri Johnny memaparakan, saat ini Pemerintah tengah melakukan percepatan transformasi digital menuju masyarakat digital. Menurut Menteri Kominfo, fokus percepatan itu mencakup penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi, penataan spektrum frekuensi termasuk untuk mengakselerasi penerapan teknologi 5G, pembangunan pusat data nasional pusat data pemerintah pengembangan sumberdaya manusia atau talenta digital.

    "Dan pemrosesan beberapa legislasi primer untuk mendukung berkembangnya ekosistem ekonomi digital. Pemerintah tengah bekerja bersama DPR RI dalam proses politik untuk mempercepat pengesahan rancangan undang-undang perlindungan data pribadi," paparnya.

    Menurut Menteri Kominfo, pembangunan pusat data Google Cloud Region Jakarta menjadi bagian penting dalam penguatan pengembangan teknologi berbasis digital di dalam negeri. Secara khusus, Menteri Johnny menilai hal itu akan mampu meningkatkan penerapan berbagai teknologi. 

    "Mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti Data Analytics, Artificial Intelligence, dan Machine Learning," ujarnya

    Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Kominfo menyatakan pembangunan Data Cloud Region Jakarta, merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan multinasional Google dalam membangun peradaban yang modern. Menurutnya dampak pembangunan itu akan sangat baik, karena membuat masyarakat dalam negeri mempelajari perkembangan-perkembangan teknologi yang ada.

    "Peluncuran Google hari ini merupakan contoh sinergi yang sangat baikk di mana sektor dunia usaha dan sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini," tuturnya.

    Bagi Menteri Johnny, kerja sama antara pemerintah dan swasta akan dapat mempercepat transformasi digital masyarakat yang sedang menjadi fokus utama pemerintah dalam beberapa waktu dekat. Sehingga berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dapat membawa hasil yang positif bagi setiap individu.

    "Pemerintah Indonesia telah melakukan serangkaian upaya dalam rangka mempercepat proses transformasi digital masyarakat. Dari mulai infrastruktur yang saat ini tengah gencar dipersiapkan oleh Kominfo. Selanjutnya, membangun sumber daya manusia yang mampu menggunakan perkembangan teknologi untuk produktif," paparnya.

    Menteri Kominfo berharap  jalinan kerjasama antara keduanya dapat memaksimal berbagai peluang-peluang yang muncul dari perkembangan teknologi. Supaya, dapat membuat masyarakat Indonesia semakin produktif di masa depan, melalui bantuan dari teknologi modern yang ada.

    "Saya meyakini bahwa kolaborasi antara pemerintah, lembaga negara, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat sipil dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital Indonesia," pungkasnya.

     

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA