FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 06-2020

    789

    Pesan Berantai Istri Walikota Samarinda Galang Dana Baksos? Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Beredar sebuah pesan berantai di Facebook Messenger mengatasnamakan Istri dari Walikota Samarinda, Puji Setyowati Jaang. Akun tersebut menyatakan melakukan penggalangan dana bakti sosial (baksos) untuk pembangunan panti asuhan.  Dalam pesan itu tertulis penggalangan dana dikumpulkan melalui transfer lewat rekening bank atas nama Lestari Apriyanti.

    Kepala Dinas Kominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah, mengkonfirmasi bahwa akun istri Walikota Samarinda tersebut telah di-hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    “Mohon ijin menginformasikan, bahwa akun Facebook Ibu Puji Setyowati isteri bapak Walikota Samarinda yang juga ketua TP PKK Samarinda dan Anggota DPRD Provinsi Kaltim telah di-hack. Mohon agar tidak menanggapi permintaan pertemanan terlebih ketika ada permintaan bantuan baik melalui FB, HP ataupun lainnya. Itu tidak benar dan agar kita selalu waspada,” ucap Aji Syarif Hidayatullah yang langsung menerima pesan dari Walikota Samarinda, Sabtu (20/06/2020).

    Aji Syarif menyatakan penggalangan dana yang mengatasnamakan Istri Walikota Samarinda itu tidaklah benar dan telah melakukan penipuan berkedok Baksos dengan menggunakan akun Ibu Puji Setyowati jaang.

    “Untuk itu Masyarakat dihimbau agar lebih berhati-hati ketika menerima pesan yang memanfaatkan media sosial ataupun WA yang tidak jelas,” ungkap Aji.

    Berikut daftar lengkap  isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (23/06/2020):

    1. Uang Resmi Pecahan 100 Rupiah pada 1954 Memuat Tulisan ArabI]
    2. Jokowi Anak DN Aidit dan Sulami
    3. Uji Coba E-Tilang Kota Tuban
    4. Denda Rp 250 Ribu Jika Tidak Pakai Masker di Tasikmalaya
    5. Dokter RSAL Surabaya Meninggal karena Covid-19
    6. Pesan Berantai Facebook Messenger Istri Walikota Samarinda Untuk Penggalangan Dana Baksos
    7. Tidak Ada Penularan Covid-19 Selama Demonstrasi di Amerika Serikat
    8. SMS Mengatasnamakan Rektor IAIN Surakarta
    9. Akun Facebook Mengatasnamakan Istri Wakil Walikota Pekanbaru
    10. Perjalanan Motor dari Dumai Menuju Pakning Ditutup karena Harimau Berkeliaran

    Berita Terkait

    Oman Bantu Indonesia Usut Kecurangan Wasit Piala Asia 2023? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari situs turnbackhoax.id, video tersebut tidak sesuai ant Selengkapnya

    Beredar Beras Plastik di Malinau Kaltara? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta yang dilansir dari cekfakta.tempo.co, belum ada hasil penel Selengkapnya

    Kedatangan Pengungsi Rohingya Menangkan Paslon Tertentu? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari cekfakta.tempo.co, narasi mengenai gelombang kedatanga Selengkapnya

    Temuan Gudang Kotak Suara Ganda Makassar? Itu Hoaks!

    Klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukannya gudang kotak suara ganda di Kota Makassar untuk kecurangan Pemilu 2024 adalah keliru dan tid Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA