FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 06-2020

    1213

    Awas Disinformasi Imbauan Kumpulkan Data Diri ASN Tangsel!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar seruan yang dikaitkan dengan hasil rapat antara, Walikota Tangerang Selatan, Wakil Walikota, Camat serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangsel.  

    Konten yang tersebar secara berantai di media sosial itu, memuat hasil rapat untuk mengumpulkan data diri termasuk alamat rumah para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan nonASN. Permintaan data diri tersebut kemudian dikaitkan dengan kepentingan politik calon petahana pada Pilkada Tangerang Selatan.

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan penelusuran dan mendapatkan fakta bahwa  Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie membantah isu tersebut.

    “Pemerintah Kota Tangerang Selatan tidak pernah mengadakan rapat untuk mengumpulkan data diri ASN dan Non ASN,” jelas Benyamin Davnie

    Hal senada juga dikatakan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Tangerang Selatan. Mereka membantah pendataan pegawai ASN dan nonASN Kota Tangerang Selatan dikaitkan dengan penyelenggaraan Pilkada Kota Tangerang Selatan Tahun 2020.

    “Pemkot Tangerang Selatan memang sedang melakukan pendataan ASN dan Non ASN Tangerang Selatan untuk mengetahui jumlah real pegawai. Pendataan ASN dan Non ASN tersebut dilakukan untuk kepentingan pengaturan jadwal kerja terkait persiapan penerapan era kenormalan baru sebagai upaya pencegahan Covid-19,” tandas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Tangsel.

    Berikut daftar lengkap hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (20/06/2020):

    1. Mendikbud Berencana Gabungkan Pendidikan Agama Islam dan PKN
    2. Ibu Kota Pindah, Anies Jual Gedung Pemerintah Pusat
    3. Asafoetida dapat Mencegah Semua Infeksi Virus Corona
    4. Surat Edaran Gubernur DKI Terkait Penghentian Hubungan Suami Istri Guna Hadang Covid-19
    5. Pertarungan antar Lumba-Lumba di Pantai Semawang Sanur
    6. Apa iya bisa hamil?
    7. Video Ini Dijadikan Dasar Meragukan Mata Novel Baswedan Rusak
    8. PT Pertamina (Persero) Akan Menghapus BBM Jenis Premium dan Pertalite
    9. Seruan Mengumpulkan Data Diri Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN kota Tangerang Selatan
    10. Wapres Sebut Pemerintah Tidak Sengaja Pakai Dana Haji jadi Tidak Berdosa

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks Mobilisasi Taruna STIN dalam Pemilu 2024!

    STIN menegaskan mereka hanya melaksanakan hak konstitusional dan menggunakan hak pilihnya, bukan melakukan operasi intelijen seperti yang di Selengkapnya

    Awas Hoaks! Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Berganti

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA