FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 06-2020

    935

    Pelonggaran PSBB, Dirjen IKP: Masyarakat Perlu Adaptasi!

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Warga mengunjungi obyek wisata Candi Banyunibo di Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (9/6/2020). Dinas Pariwisata DIY berencana menerapkan standar operasional prosedur (SOP) dan protokol kesehatan ketat pada sektor pariwisata dengan mengedepankan konsep bersih, sehat dan aman sebagai tahapan menuju normal baru guna mencegah penularan Covid-19. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah telah menerapkan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menjalankan kenormalan baru (new normal) di beberapa wilayah dengan kriteria ketat. 

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo menyebutkan kenormalan baru adalah membuka seluruh  aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  

    "Masyarakat diminta untuk melakukan adaptasi perubahan perilaku di masa pelonggaran PSBB. Namun, masyarakat tidak boleh salah mengartikan normal baru dengan menganggap penularan pandemi COVID-19 sudah mereda," tegasnya dalam Pertemuan Daring bertema Peluang dan Tantangan dalam Menghadapi Tatanan Kehidupan Normal Baru, dari Jakarta, Sabtu (13/06/2020).

    Widodo mengatakan, perubahan perilaku kenormalan baru yang diterapkan saat ini berjalan sesuai arahan WHO.   "Tujuan utama tatanan normal baru  adalah perubahan perilaku melalui komunikasi publik yang sistematis dan komprehensif untuk memutus mata rantai COVID-19 terutama dengan memastikan physical distancing. Pesan utamanya adalah disiplin, gotong royong, optimis dan positif," jelasnya. 

    Widodo menegaskan, melakukan aktivitas normal baru dengan mengubah cara perilaku adalah pilihan satu-satunya saat ini selama vaksin COVID-19 belum ditemukan. Masyarakat diminta untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru yang sesuai dengan protokol Kesehatan.

    “Tips agar kita tidak terpapar COVID-19;  perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, serta disiplin mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya. 


    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Gelar Wayang Santri, Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai DBD

    Peningkatan kewaspadaan masyarakat tersebut penting karena data Kementerian Kesehatan menyebutkan jumlah kasus DBD pada 2022 mencapai 131.26 Selengkapnya

    Jaga Kemandirian dan Kebebasan Pers, Dirjen IKP: Butuh Komitmen Bersama

    Dirjen Usman Kansong menegaskan bahwa tantangan teknologi, bisnis media dan jurnalisme harus dilewati dalam bingkai kemandirian dan kebebasa Selengkapnya

    Tes Calon Karyawan Atas Nama PT Pertamina, Awas Hoaks!

    Bahkan, terdapat lampiran yang berisi daftar semua nama peserta yang mengikuti tes tersebut. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA