FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2020

    534

    [DISINFORMASI] Virus Flu Babi Lebih Ganas Ketimbang Virus Corona

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Sebuah akun Instagram diketahui mengunggah tabel dari Business Insider yang berjudul "Wuhan coronavirus compared to other major viruses". Tabel ini berisi perbandingan wabah dan pandemi yang pernah terjadi, termasuk pandemi Covid-19. Pengunggah dalam narasinya pun mengklaim bahwa virus H1N1 penyebab flu babi lebih ganas ketimbang virus Corona penyebab Covid-19, SARS-CoV-2.

    Faktanya, dikutip dari cekfakta.tempo.co klaim bahwa virus H1N1 penyebab flu babi lebih ganas ketimbang virus Corona penyebab Covid-19, SARS-CoV-2 adalah keliru. Menurut tabel yang menyertai klaim itu, sudah tercantum bahwa fatality rate atau tingkat kematian SARS-CoV-2 adalah 2,2 persen, lebih tinggi dibandingkan tingkat kematian virus H1N1 2009 yang hanya 0,02 persen. Selain itu, data dalam tabel tersebut adalah data per 31 Januari 2020 yang belum bisa menggambarkan sebaran penyakit Covid-19 saat ini. Hingga Juni 2020, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 7,1 juta orang di 215 negara dengan jumlah kematian 408.734 orang.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/823/fakta-atau-hoaks-benarkah-virus-flu-babi-lebih-ganas-ketimbang-virus-corona-covid-19

    https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Demi Mudik Orang Madura Berenang dengan Alat Seadanya

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Jalan Tikus Dipenuhi Pemotor

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Rakyat India Marah karena Bosan dengan Protokol Kesehatan Covid-19

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Data Tingkat Kematian Orang Divaksin Lebih Tinggi dari yang Tidak Divaksin

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA