FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 06-2020

    6913

    [DISINFORMASI] Helmy Yahya Dipecat dari Dirut TVRI karena Pemutaran Film G30S/PKI

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Sebuah akun media sosial Facebook diketahui membagikan unggahan yang mengaitkan pemecatan Helmy Yahya dari Dirut TVRI dengan film G30S/PKI. Unggahan tersebut memuat narasi “Helmy Yahya dipecat dari jabatan Dirut TVRI pada 17 Januari 2020, penyebab utamanya ternyata karena 4 bulan sebelumnya TVRI memutar film pemberontakan G30S/ PKI.”

    Faktanya, Helmy Yahya dipecat oleh Dewan Pengawas (Dewas) TVRI pada Kamis, 16 Januari 2020 bukanlah karena pemutaran Film G30S/PKI. Ketua Dewas LPP TVRI, Arief Hidayat Thamrin menjelasakan, pemecatan Helmy dilakukan karena beberapa alasan yakni, pembelian hak siar Liga Inggris, masalah tertib administrasi anggaran, terkait ketidaksesuaian antara pelaksanaan rebranding TVRI dengan RKA tahunan LPP TVRI 2019, serta mutasi pejabat struktural yang tidak sesuai norma standar, prosedur dan kriteria manajemen ASN. Dengan demikian klaim yang mengaitkan pemecatan Helmy Yahya dengan pemutaran Film G30S/PKI adalah tidak tepat. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.instagram.com/p/CA7PEshhvBY/

    https://cirebon.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-04393417/beredar-informasi-alasan-pemecatan-helmi-yahya-karena-tvri-putar-film-g30spki-begini-faktanya?page=2

    Berita Terkait

    [HOAKS] Remaja di Kecamatan Jatinangor Tewas Akibat Perang Sarung

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Debat Capres di Pilpres 2024 Ditiadakan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA