FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 06-2020

    1244

    Gandeng Semua Unsur Masyarakat untuk Bangun Desa Digital

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Achmad Latif mengatakan, pemerintah ingin transformasi digital menyentuh langsung ke semua aspek kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya melibatkan semua unsur masyarakat untuk membangun desa digital yang merupakan bagian penting dari transformasi digital.

    “Karena desa digital tidak hanya infrastruktur, ada ekosistem yang harus dibangun, tutur Dirut Anang saat menjadi pembicara pada Streminar tentang Meningkatkan Infrastruktur Digital Pedesaan untuk Menghadapi New Normal, yang diselenggarakan Sobat Cyber Indonesia, dari Jakarta, Rabu (03/06/2020).

    Berdasarkan pengalaman BAKTI Kominfo mewujudkan transformasi digital, suksesnya membangun infrastruktur diantaranya berseumber dari dua hal, yaitu dana dan peran pemerintah daerah.  

    Menurut Dirut BAKTI, sebuah wilayah tertentu di Indonesia dimensinya berlapis-lapis, bukan cuman aspek  teknologi yang diperhatikan, tetapi juga aspek ekonomi, sosial dan budaya. Oleh karena itu, kompleksitas inilah yang terpenting ketika membangun desa digital.

    “Itulah kenapa terus terang Kominfo tidak bisa berjalan sendirian, ketika berbicara mengenai desa digital. Sudah jelas kami harus koordinasi dengan Kementerian Desa dan PDTT, itu sudah wajib,” ujarnya

    Meskipun demikian, Dirut Anang yakin, pemerintah akan terus menggandeng semua unsur guna mewujudkan desa digital,tidak hanya Perguruan Tinggi, LSM dan masyarakat itu sendiri. “Bagaimana agar desa digital sebagai salah satu produk dari transformasi digital bisa masuk ke semua aspek kehidupan,” ujarnya.

    Bahkan dalam situasi pandemi Covid-19 ini, Dirut Anang mengatakan bahwa penerapan social distancing atau belajar, bekerja dan beribadah dari rumah juga menjadi bagian penting di dalamnya, Itu sesuatu yang merupakan proses multidimensi dan membutuhkan waktu dalam pencapaian.

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    Gelar Wayang Santri, Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai DBD

    Peningkatan kewaspadaan masyarakat tersebut penting karena data Kementerian Kesehatan menyebutkan jumlah kasus DBD pada 2022 mencapai 131.26 Selengkapnya

    Kominfo Serahkan Donasi untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

    Donasi yang dikumpulkan sivitas Kementerian Kominfo itu ditujukan untuk membantu meringankan penderitaan korban gempabumi Cianjur Jawa Barat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA