FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 05-2020

    710

    Sekjen Kominfo: Saat Pandemi, Indonesia Diapresiasi Lembaga Luar Negeri

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informasi Rosarita Niken Widiastuti. - (AYH)

    akarta, Kominfo - Pemerintah melaksanakan komunikasi publik untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informasi Rosarita Niken Widiastuti menyatakan berbagai survei yang dilaksanakan oleh lembaga luar negeri menunjukkan kinerja dan hal yang positif mengenai Indonesia. 

    "Misalnya, survei yang dilakukan CEO Magazine yang menganalis 80 negara di dunia. Hasilnya, skor Indonesia berada pada urutan terbaik keempat setelah Singapura, Inggris dan Polandia dalam penangangan Covid-19. “Dari sektor ekonomi , Indonesia termasuk baik untuk investasi,” ujar Sekjen Niken dalam Webminar MarkPlus Government Roundtable Series: Komunikasi Publik di Era Digital dari Jakarta, Senin (15/06/2020).

    Namun, Sekjen Kementerian Kominfo menyayangkan di tengah upaya serius pemerintah, tak sedikit informasi yang menyesatkan atau hoaks yang berkaitan dengan Covid-19. Menurutnya Kementerian Kominfo setiap hari memonitor informasi atau hoaks, terhitung dari akhir Januari hingga Juni ini sudah terdapat 850 jenis hoaks. 

    “Kalau satu hoax saja diviralkan, akan sangat menyesatkan. Misalnya, hoax yang beberapa hari ini viral mengenai obat aspirin dan jus lemon yang dikatakan sangat manjur untuk menangani Covid-19. Padahal bisa menyebabkan keracunan,” tutur Niken.

    Menurut Sekjen Niken, Kementerian Kominfo menyampaikan komunikasi publik penanganan covid-19 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan isu covid-19 dan pelaksanaan protokol kesehatan.

    "Penyampaian informasi yang tidak benar kepada masyarakat dapat menyebabkan pemahaman yang mungkin berbahaya terutama mengenai berbagai berita terkait covid-19," tandasnya.

    Oleh karena itu, Sekjen Kementerian Kominfo mengharaplan adanya peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih bijak dalam bermedia sosial. "Juga peran media dalam memberikan berita yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," harapnya.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA