FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 05-2020

    1708

    Menkominfo: Jurnalis Garda Terdepan Informasi Covid-19

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memberikan apresiasi kepada jurnalis Indonesia dan seluruh dunia yang berada di garda terdepan dalam menyajikan informasi penanganan pandemi Covid-19. 

    Menurut Menteri Johnny, jurnalis telah membantu melacak perkembangan ilmu pengetahuan tentang virus, pencegahan, dan penanganan serta kebijakan yang diambil setiap negara di dunia. Termasuk kebijakan Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan seluruh komponen bangsa.

    “Kepada siapa lagi kita ini bertumpu pada informasi yang kredibel kalau tidak kepada para jurnalis. Para jurnalis kita telah membantu memonitor apa yang kita pikirkan, apa yang kita tahu, dan apa yang kita tidak tahu pasti,” ujar Menteri Kominfo saat menjadi narasumber Webinar “Optimisme Jurnalis di Era Covid-19” dari Jakarta, Kamis (14/05/2020).

    Dalam acara yang digelar oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) itu, Menteri Johnny menilai hal yang diwartakan jurnalis mampu mencerahkan, mengembangkan pengetahuan berdasarkan fakta dan bukti, serta menyampaikan kebenaran.  “Semua itu ditulis oleh para jurnalis di garda depan yang berisiko juga terpapar Covid-19,” ungkapnya.

    Dalam webminar itu, Menteri Kominfo menyampaikan juga peluang dan kesempatan yang bisa diambil dari situasi Covid-19. "Di mana Indonesia ditantang untuk lebih cepat melakukan transformasi digital," tandasnya.

    Menurut Menteri Johnny, saat ini deployment infrastruktur digital sudah dilakukan dan diteruskan untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia agar mampu mengambil bagian dalam digital space.  “Di mana Indonesia yang telah membangun ekosistem dan telah membangun infrastruktur telekomunikasi secara masif sampai the last mile, sampai di kampung-kampung, di desa-desa di hutan-hutan, di gunung-gunung,” terangnya. 

    Menteri Kominfo juga mendukung agar jurnalisme Indonesia khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan spektrum frekuensi seperti televisi, radio dan media online agar bersama mengisi ruang digital dengan baik dan memberi manfaat untuk bangsa dan negara.

    “Untuk itu, ruangnya dimainkan atau dilakukan oleh media, oleh para jurnalis oleh institusi pers kita. Saya memberikan dukungan yang besar sekali lagi sebagai satu aktivitas yang tidak pernah pudar dan tidak pernah berakhir,” tandasnya. (hm.ys)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA