FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 05-2020

    1333

    Kominfo: Ada 686 Hoaks Soal Corona, Banyak Tersebar di WA

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Foto: Infografis/Mulai Hari Ini! WhatsApp Tak Bisa Dipakai di Ponsel Ini/Arie Pratama

    Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Widodo Muktiyo mengatakan setidaknya ada 686 komunikasi tidak benar alias hoaks yang beredar selama pandemi Covid-19.

    "Artinya tak serta merta masyarakat mengkonsumsi, ada oknum yang membuat informasi menjadi gaduh. Ini menjadi tantangan komunikasi publik," ujarnya saat video conference di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (13/5/2020).

    Dia menyebut, ada tiga level bagaimana hoax tersebut beredar di masyarakat. Yang pertama melalui internet, kedua melalui sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya serta terakhir melalui Whatsapp (WA) Group.

    "Paling bahaya yang tertutup seperti WA grup. Makin banyak di rumah, iseng kita WA group. Ini menjadi tantangan, masyarakat jangan sampai menelan informasi yang menyebabkan persepsi keliru," tegasnya.

    Dia berpesan agar masyarakat menghadapi semua ini dengan optimis dan tak menyalahkan siapapun. Kuncinya membangun disiplin dan bergotong royong. Salah satu yang saat ini terus ditekankan adalah agar jangan mudik ke kampung halaman.

    "Kalau pulang ke daerah masing-masing, menjadi risiko laten. Mari membangun narasi tunggal melawan Covid-19," ujarnya lagi.


    Sumber: cnbcindonesia.com
    Pewarta: Yuni Astutik

    Berita Terkait

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    Menkominfo: produk UMKM punya potensi luar biasa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA