FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 05-2020

    1827

    Lewat 7.634 Titik Lokasi Internet Gratis, Kominfo Bantu Masyarakat Manfaatkan Ruang Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo – Pemerintah berupaya membantu masyarakat agar dapat memanfaatkan ruang digital dengan optimal. Selama pandemi Covid-19, pelaku industri kreatif dan UMKM bergantung pada konektivitas jaringan internet. Oleh karena itu, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika membantu menyediakan infrastruktur ICT di wilayah-wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) dengan pembangunan BTS dan pemanfaatan satelit telekomunikasi. 

    “Dalam kaitan dengan infrastruktur, pembangunan baik itu banckbone maupun backhaul infrastruktur adalah operator seluler dan karena operator seluler ini hanya fokus pada wilayah-wilayah komersial feasible, maka biasanya tidak diurus di wilayah-wilayah yang belum komersial.  Nah, di situlah peran Kominfo,” ujar Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Peluncuran #BanggaBuatanIndonesia secara virtual dari Jakarta, Kamis (14/05/2020).

    Menteri Johnny menuturkan, hingga saat ini, Kominfo sudah membangun 7.634 titik lokasi internet gratis di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat-masyarakat agar bisa memanfaatkan ruang digital itu dengan baik. 

    “Membina bahwa di wilayah 3T khususnya hidup para petani, nelayan, peternak, industri, rumah tangga, dan usaha mikro yang harus segera kita bantu mereka untuk bermigrasi dari offline ke online market,” ujarnya.

    Menteri Kominfo menyatakan meski pembangunan ini tidak gampang, namun harus tersedia fasilitas atau sarana-sarana internet yang memadai di sana.  “Ini tantangan yang besar tapi kita kerjakan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Ada yang namanya the last mile untuk bisa menjangkau rakyat di kecamatan, di desa, di kampung-kampung, untuk bisa memanfaatkan ruang digital dengan baik,” ucapnya.

    Berkaitan dengan dukungan terhadap usaha UMKM untuk bisa memanfaatkan dengan benar sarana-sarana ruang digital untuk selanjutnya bisa menjadi soko guru perekonomian rakyat, Menteri Johnny menyebutkan, saat ini Kominfo memiliki program petani online, UMKM go online, Digital talent scholarship, dan gerakan nasional literasi digital yang dikenal dengan Siberkreasi.

    Di hadapan Presiden Joko Widodo, menteri Kabinet Kerja dan  pelaku UMKM, Menteri Johnny menyampaikan, Indonesia saat ini sedang memasuki tahap transformasi digital guna menghantar masyarakat menuju digital society dan Kominfo telah membangun ekosistem digital, membangun infrastruktur telekomunikasi secara besar-besaran, serta turut mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, juga mengajak kepada seluruh rakyat untuk menjadi komponen bangsa.

    “Dengan demikian maka ekonomi kita tidak saja berkembang piramidanya yang di atas tapi piramida bawah yang melibatkan puluhan bahkan 100.000 hingga 100.000.000 rakyat untuk ikut mengambil bagian dalam pembangunan negara,” pungkasnya. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Adaptasi Dinamika Teknologi, Kominfo Ubah Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Jastel

    Dalam Perdirjen yang ditandatangani pada tanggal 14 November 2023 itu terdapat pengaturan mengenai bentuk layanan, konfigurasi, perangkat da Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA