FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 05-2020

    1385

    [DISINFORMASI] Warga Dibolehkan Mudik Oleh Kemenhub, Aturannya Keluar Kemarin Sore

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar postingan di media sosial sebuah artikel yang bernarasi bahwa Kementerian Perhubungan mengizinkan warga untuk mudik di tengah pandemi virus Corona Covid-19. Narasi tersebut terdapat dalam sebuah artikel yang berjudul "Warga Dibolehkan Mudik Oleh Kemenhub, Aturannya keluar Sore Ini".

    Berdasarkan hasil penelusuran, klaim warga dibolehkan mudik oleh Kemenhub dan aturannya keluar kemarin sore adalah klaim yang sesat. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo dan juru bicara Kemenhub, Adita Irawati menyatakan bahwa mudik tetap dilarang. Isi artikel yang dibagikan sumber klaim memang sama persis dengan isi berita Suara.com yang dimuat pada 5 Mei 2020. Hanya saja, judul asli berita Suara.com adalah "Warga Boleh Bepergian Dalam Situasi Mendesak, Aturannya Keluar Sore Ini". Judul tersebut sangat berbeda dengan judul artikel sumber klaim, yakni "Warga Dibolehkan Mudik Oleh Kemenhub, Aturannya Keluar Sore Ini". Padahal, di dalam artikel itu, tidak terdapat informasi bahwa Kemenhub membolehkan mudik. Artikel tersebut berisi aturan pengoperasian transportasi untuk masyarakat yang memiliki keperluan mendesak di masa pelarangan mudik.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/769/fakta-atau-hoaks-benarkah-kemenhub-izinkan-warga-untuk-mudik-saat-pandemi-covid-19?fbclid=IwAR2fK2Oje6pzE1BPBqo8qLGAAfBey7cqitznSjjJRr6kF2PX0KvXIF_VuNaE

    https://www.suara.com/bisnis/2020/05/05/112757/warga-dibolehkan-mudik-oleh-kemenhub-aturannya-keluar-sore-ini?fbclid=IwAR09-9TEWz-n2S-YpeJ6bhUI6JzOG94RQqv8In7jCiJe4JGiQuerku7Ap5I

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Situs Penanganan Covid-19 Belanda Diluncurkan sebelum Adanya Pandemi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Artikel Liputan6.com Berjudul "Anies Baswedan Masuk Daftar Sindikat Pencucian Uang Sebelum Kasus Formula E"

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] IPB Rilis Ranking Sayuran Antikanker

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA