FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 05-2020

    2969

    [DISINFORMASI] Bintang Tsuraya Penanda Wabah Akan Usai

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar informasi di media sosial Twitter yang menyebutkan bahwa Bintang Tsuraya atau Turaya  di pagi hari, pertanda akan habis Wabah Covid-19. Apabila ada Bintang di pagi hari, itulah Bintang Turaya. Bintang tersebut kemudian dikaitkan dengan ajaran agama dan disebut Turaya, yang kemunculannya diyakini sebagai tanda akan berakhirnya sebuah wabah Covid-19.

    Berdasarkan hasil penelurusan Kompas.com, Peneliti Pusat Sains dan Antariksa (Pussainsa) Lapan Bandung, Dr. Emannuel Sungging Mumpuni menjelaskan bahwa saat ini memang waktunya bintang Tsuraya yang dalam bidang astronomi dikenal sebagai Pleiades, terlihat. Dia juga menjelaskan, Pleiades muncul di akhir musim dingin dan jelang musim semi bagi masyarakat belahan Bumi utara. Atau bagi masyarakat di Tanah Air kemunculannya ada di saat akhir musim penghujan. Selain itu, Sungging mempertegas bahwa pihaknya di Lapan tidak mengaitkan fenomena tersebut dengan wabah Covid-19, karena Pleiades itu fenomena yang selalu ada di langit sejak dahulu kala, sedangkan wabah Covid-19 terjadi baru di masa sekarang. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/03/164500765/klarifikasi-video-terlihatnya-bintang-tsuraya-penanda-wabah-akan-usai

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/02/115054265/video-viral-bintang-tsurayya-ini-penjelasan-lapan

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Tentara Cina Mendarat di Kota Manado

    Selengkapnya

    [HOAKS] Lowongan Kerja Puskesmas Semanding, Kabupaten Tuban

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Mengatasnamakan Aplikasi Dana

    Selengkapnya

    [HOAKS] Link Tautan Pendaftaran BLT El Nino

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA