FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 05-2020

    2811

    [DISINFORMASI] Video Prosedur Pengangkatan Dahak Pasien Covid-19 dengan Ventilator

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang  memperlihatkan seorang pasien sedang dalam perawatan medis. Tenggorokan pasien tersebut dibuatkan lubang kemudian dimasukan selang. Pengunggah dalam narasinya mengklaim peristiwa dalam video tersebut merupakan langkah-langkah atau prosedur pengangkatan dahak pasien Covid-19 dengan ventilator.

    Faktanya, dikutip dari liputan6.com klaim bahwa video tersebut merupakan prosedur pengangkatan dahak pasien Covid-19 adalah tidak benar. Penanganan pasien dalam video itu merupakan operasi membuat lubang saluran udara untuk menangani pasien gagal napas, bukan untuk mengangkat dahak atau lendir dari paru-paru. Direktur Konsultan Pusat verifikasi Departemen Mikrobiologi dan Penyakit Menular, Universitas Kedokteran Tiongkok, Profesor Lu Minji menjelaskan bahwa dalam video tersebut dokter menyayat leher pasien dengan membuat lubang untuk memperluas saluran napas sehingga mempermudah pernapasan.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4242819/cek-fakta-video-ini-bukan-prosedur-pengangkatan-dahak-pasien-Covid-19-dengan-ventilator?

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Proses Penandatanganan Bukti Pelunasan Utang Indonesia Ke Cina

    Selengkapnya

    [HOAKS] HIV Menjadi Pandemi Berikutnya Menggantikan Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Chat GPT Versi 1.0 Mampu Prediksi Pandemi Covid-19 Sejak Tahun 2006

    Selengkapnya

    [HOAKS] Jepang Resmi Melarang Vaksinasi Covid-19 Berbasis mRNA

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA