FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 05-2020

    1041

    Pendidikan Era 4.0 Harus Dilandasi Filosofi Para Pelopor

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta Kominfo = Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa pada prinsipnya semua tokoh pendidikan tersebut memiliki dasar filosofis yang kuat dalam membangun pendidikan bagi generasi penerus bangsa.

    "Menyongsong era 4.0, bukan berarti kita boleh mencopot pakaian-pakaian lama kita kemudian membusungkan dada dan melupakan dasar filosofi pendidikan yang sudah dibangun oleh para pelopor kita," ujarnya saat menjadi narasumber acara Webinar Nasional Pendidikan yang digelar secara daring melalui siaran di Facebook dan Youtube, Sabtu (02/05/2020).

    Dalam Webinar dengan topik 'Transformasi Pendidikan pada Masa Pandemi dan Pascapandemi Covid-19', Muhadjir berpesan agar sekali lagi dapat berpegang teguh pada landasan filosofis dari pelopor pendidikan. 

    "Apalagi sekarang ini 2 Mei, saya mohon itu yang penting. Jangan sampai kita kehilangan akal, pendidikan kita jadi unhistoris karena tidak berangkat dari filosofis yang telah ada," tukasnya.

    Kendati pun, lanjut Muhadjir, kemajuan teknologi saat ini sudah banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Termasuk dalam berperang melawan pandemi Covid-19, teknologi telemedicine yang ada sekarang telah digunakan hampir 7 juta pasien.

    Untuk diketahui, Webinar Nasional Pendidikan diadakan oleh Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia. Adapun tujuannya untuk menganalisis situasi, menemukan gap dan menggagas strategi aksi bagi dunia pendidikan serta menemukan pembelajaran strategis dan langkah-langkah rekomendatif untuk transformasi pendidikan Indonesia ke depan.

    Berita Terkait

    Presiden Instruksikan Jajaran Waspadai Dinamika Geopolitik

    Kepala Negara menyampaikan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan iklim yang dapat mengganggu musim tanam dan panen raya. Selengkapnya

    Wapres Tegaskan Pembangunan Harus Beri Efek Ganda bagi Masyarakat dan Daerah

    Efek berganda tersebut dapat dicapai dengan tata kelola yang baik. Ke depannya, praktik baik ini pun dapat dijadikan contoh baik (best pract Selengkapnya

    Presiden Instruksikan Jajaran Gunakan Data Regsosek Secara Optimal

    Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menginstruksikan jajaran terkait untuk melanjutkan pelaksanaan program bantuan pangan berupa Selengkapnya

    Presiden: Pemimpin Negara Harus Lakukan Revolusi, Hentikan Perang

    Selain itu, di tengah berbagai macam krisis dunia yang makin mengkhawatirkan, Presiden Joko Widodo memandang bahwa upaya bersama yang dilaku Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA