FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 05-2020

    1997

    [DISINFORMASI] Foto Satu-satunya Orang yang Boleh Duduk di Ka'bah Saat Corona

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di sosial media Facebook sebuah unggahan foto yang memperlihatkan seorang pria sedang duduk di depan Ka'bah yang sepi pengunjung. Foto tersebut diunggah dengan narasi bahwa pria itu, seorang tukang bersih-bersih, adalah satu-satunya orang yang diizinkan duduk di Ka’bah saat pandemi Virus Corona Covid-19. 

    Dikutip dari cekfakta.tempo.co, foto tersebut diambil oleh fotografer Associated Press (AP), Amr Nabil, pada 6 Maret 2020. Namun, menurut keterangan foto di situs AP, pria tersebut bukanlah tukang bersih-bersih, melainkan polisi. Foto tersebut adalah polisi Arab Saudi yang bertugas di Masjidil Haram. Pemerintah Arab Saudi memang menangguhkan salat berjamaah di Masjidil Haram untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Namun, petugas masjid, seperti bagian administrasi, wakaf, dan sebagainya, serta para imam masih diperbolehkan salat di sana. Salat pun dilakukan dengan jaga jarak. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/760/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-foto-satu-satunya-orang-yang-boleh-duduk-di-kabah-saat-corona

    Berita Terkait

    [HOAKS] Tautan Pendaftaran Undian Berhadiah Mengatasnamakan BNI

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menteri Keuangan Sri Mulyani Resmi Mundur dari Kabinet Era Jokowi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Brokoli Buatan yang Diproduksi di Laboratorium Bill Gates

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA