FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 04-2020

    1107

    Kominfo Gelar Kolaborasi 54 Jam Cipta Solusi Startup Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya - (Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya)

    Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama penggerak ekosistem startup digital di Indonesia menggelar Global Online Startup Weekend Covid-19 Indonesia.

    Ajang cipta startup digital selama 54 jam tersebut berlangsung pada tanggal 24 sampai dengan 26 April 2020.

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, menyatakan bahwa ajang itu menjadi salah satu upaya mendorong munculnya solusi-solusi digital baru di tengah perubahan pola aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19.

    “Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami ingin memastikan masyarakat tetap bisa beraktivitas secara produktif dengan memanfaatkan internet dan media digital. Jutaan masyarakat Indonesia yang mulai terbiasa dengan belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah dari rumah, sesuai arahan Bapak Presiden kita, Joko Widodo,” tuturnya saat memberikan keynote speech dari Jakarta melalui konferensi video, Jumat (24/04/2020).

    Menurutnya, program itu juga merupakan bagian dari Gerakan 1000 Startup Digital. Salah satu program Kementerian Kominfo untuk melahirkan startup yang mampu menawarkan solusi bagi masyarakat. 

    “Kami bersyukur bahwa program 1000 Startup Digital telah melahirkan beberapa startup yang mampu menawarkan solusi di tengah upaya penanggulangan Covid-19,” ungkapnya.

    Johnny mengisahkan startup JAHITIN yang beranggotakan 7 anak muda saat ini telah mampu memberdayakan 350 penjahit di 95 kota di Indonesia.

    “Mereka membuat masker kain dan APD untuk donasi, berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya, Kementerian KUKM, LSM, dan beberapa startup lainnya. Tak hanya itu, mereka juga mengadakan pelatihan bagi ibu-ibu yang ingin menjadi penjahit rumahan,” paparnya.

    Di Makassar, startup PANGANKU yang membantu petani dan peternak lokal untuk menjual hasil tani ke masyarakat.

    “Di saat bersamaan mereka membantu masyarakat tetap dapat belanja makanan segar saat PSBB mulai diberlakukan,” tuturnya.

    Ada juga Tanihub yang membantu petani untuk tetap bertahan di kondisi sulit ini.

    “Tanihub adalah salah satu contoh startup Indonesia di sektor agrikultur yang lahir dari Program Startup Weekend Indonesia, sebuah program akhir pekan untuk startup pemula,” ujarnya.

    Johnny menegaskan bahwa program-program fasilitasi dan akselerasi ekonomi digital yang mampu melahirkan solusi-solusi seperti di atas tidak boleh berhenti meski di masa pandemi.

    “Untuk itulah Kementerian Kominfo menghadirkan “Startup Weekend Indonesia” secara online untuk terus menciptakan peluang kolaborasi bagi anak-anak muda Indonesia, kaum milenial dan Gen- Z, untuk tetap berkarya menciptakan solusi-solusi nyata bagi masyarakat,” tandasnya.

    Dia mengapresiasi 1.101 peserta dari 19 provinsi yang telah mendaftar dalam program ini.

    Global Online Startup Weekend Covid-19 merupakan inisiatif platform investasi dan inovasi global Techstars yang berlangsung di 60 negara.

    Di Indonesia ajang itu diselenggarakan penggerak ekosistem startup digital di Indonesia, KUMPUL, serta mitra jaringan coworking  Impala Network (Semarang), Ngalup.co (Malang), MeetUp Coworking (Pekanbaru), CreateIt (Bandung), SatuTampa (Manado), dan StartupBorneo (Banjarmasin). Ajang itu juga didukung Telkomsel dan Bank DBS.

    Setiap peserta akan membangun startup selama 54 jam dengan fokus enam sektor, yaitu kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan. Pada hari Minggu, 26 April 2020 akan berlangsung Live Pitching yang dapat disaksikan secara virtual melalui platform Youtube Live.

    Penilaian dilakukan oleh Co-founder dan ex-CEO Bukalapak, Achmad Zaky; Vertical Lead dari Facebook Indonesia, Aldo Rambie; Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan; serta Partner Venturra Discovery, Raditya Pramana.

    Ajang cipta startup digital akan memilih tiga pemenang untuk mewakili Indonesia dalam  kompetisi Top 20 Global Winner Startup Weekend.

     

    Sumber: bisnis.com - Akbar Evandio

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA