FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 04-2020

    2305

    Menkominfo: Manfaatkan Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Inovasi Startup Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Perusahaan rintisan (startup) dapat menjadikan masa pandemi Covid-19 sebagai momentum untuk berinovasi. Bahkan, ruang digital saat ini memungkinkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sangat besar.

    “Pada saat pandemi Covid-19 kita diharuskan melakukan physical distancing, sehingga ruang digital memegang peranan yang besar. Hal tersebut tentu akan memberikan ruang serta kesempatan yang begitu besar bagi startup Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, saat membuka  Startup Weekend Covid-19 melalui konferensi video di Jakarta, Jumat (24/04/2020).

    Menteri Kominfo memaparkan kembali upaya Pemerintah untuk meningkatkan peran di ruang digital. "Presiden Joko Widodo menugaskan kepada Kementerian Kominfo untuk memperhatikan kedaulatan data di Indonesia, menjaga dan memerangi cyber crime dan cyber security; danmendorong kemajuan industri di bidang telekomunikasi dan informatika, dengan mendorong startup untuk naik kelas menjadi unicorn bahkan decacorn," jelasnya.

    Menteri Johnny berharap startup digital tetap membangun dengan semangat yang tinggi untuk menghasilkan inovasi baru. Menurutnya, melalui inovasi yang baru, menurutnya bangsa Indonesia dapat meningkatan ekonomi digital.

    “Terlepas dari adanya pandemi, akan tetapi perspektif jangka panjang ekonomi digital Indonesia dilihat memiliki potensi yang sangat besar. Karenanya saya mempercayai bahwa Indonesia sebagai satu bangsa yang besar dengan semangat pluraslisme yang tinggi, serta semangat mengedepankan konsensus kebangsaan, pasti akan menghasilkan inovasi-inovasi baru,” jelasnya.

    Menteri Kominfo menegaskan Pemerintah akan memberikan dukungan dan komitmen termasuk insentif dan payung hukum bagi para usahawan muda kita yang tergabung dalam Startup Weekend Indonesia Covid-19"Pemerintah sebagai regulator memiliki tugas memastikan sektor hulu terjaga dengan baik, yaitu menjamin infrastruktur telekomunikasi baik fix broadband maupun mobile broadband. Hal tersebut penting agar sektor hilir termasuk startup dapat mengambil peranan dengan baik," jelasnya.

    Menteri Johnny juga menyampaikan mengenai perubahan konfigurasi penggunaan internet. Menurutnya pandemi Covid-19 telah mengubah konfigurasi ruang internet dari tempat-tempat publik menjadi pemukiman. “Oleh karena itu perusahaan seluler harus memiliki infrastruktur tambahan untuk memastikan tersedianya layanan internet yang prima di wilayah yang awalnyanya tidak menjadi konsentrasi penggunaan internet, khususnya pada wilayah episentrum penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

    Startup Weekend Covid-19

    Menteri Kominfo mengapresiasi 1.101 peserta dari 19 provinsi yang telah mendaftar dalam program ini. “Saya secara khusus berterima kasih kepada Anda semua. Ini menjadi bukti bahwa anak muda tidak tinggal diam di saat bangsa sedang menghadapi tantangan besar,” ungkapnya.

    Bahkan Menteri Johnny mengharapkan agar semua peserta dapat berkolaborasi menghasilkan solusi menangani Pandemi Covid-19.  “Saya berharap Anda semua, dengan semangat yang penuh, dapat menggunakan kesempatan ini untuk berkolaborasi dengan teman-teman baru dari daerah lain dan memikirkan berbagai solusi untuk pandemi Covid-19,” harapnya.

    Global Online Startup Weekend COVID-19merupakan inisiatif platform investasi dan inovasi global Techstars yang berlangsung di 60 negara. Di Indonesia ajang itu diselenggarakan penggerak ekosistem startup digital di Indonesia, KUMPUL, serta mitra jaringan coworkingImpala Network (Semarang), Ngalup.co (Malang), MeetUp Coworking (Pekanbaru), CreateIt (Bandung), SatuTampa (Manado), dan StartupBorneo (Banjarmasin). Ajang itu juga didukung Telkomsel dan Bank DBS.


     

    Berita Terkait

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Kominfo Ingatkan Anak Muda Datang ke TPS di Hari Kasih Suara 14 Februari 2024

    Pemilih pada Pemilu 2024 itu didominasi oleh generasi Z, generasi muda yang pada 10-15 tahun kedepan akan memimpin bangsa ini. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan dan Keamanan Informasi KTT AIS Forum 2023

    Untuk memastikan jaringan telekomunikasi lancar dan aman selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA